PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

  • Rianti Rahmalia Universitas Syiah Kuala
  • Hajidin Hajidin
  • BI. Ansari Universitas Serambi Mekkah
Keywords: Mathematical Communication Ability, Mathematical Disposition, Problem Based Learning

Abstract

Mathematical communication skills of students are still relatively low. One learning model can improve students 'mathematical communication skills and at the same time students' mathematical disposition is the Problem Based Learning (PBL) model. The aim to be achieved is to find out the improvement of students 'mathematical communication skills and mathematical disposition using PBL models in terms of students' initial mathematical level. This research is an experimental research design with pretest posttest control group design. The research population was Grade VII students of SMP 9 Langsa. Students are grouped into two classes namely the experimental class and the control class randomly selected from eight parallel classes. The instrument used was a test of mathematical communication skills and a mathematical disposition questionnaire. Data analysis was performed using two-way ANOVA. The results showed that improving students 'mathematical communication ability and students' mathematical disposition by applying PBL learning models is better than students applying conventional learning models. There is no interaction between the PBL learning model with student level on mathematical communication skills and students' mathematical disposition.

Abstrak

Kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan sekaligus disposisi matematis siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Tujuan yang ingin dicapai ialah untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan disposisi matematis menggunakan model PBL ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest postest control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Langsa. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara acak dari delapan kelas paralel. Instrumen yang digunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan angket disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan anova dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan disposisi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran PBL lebih baik dari pada siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dengan level siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa.

Kata Kunci:  Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis, Problem Based Learning

 

References

Afgani, J. D. (2011). Analisis kurikulum matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ansari, B. I. (2016). Komunikasi matematika, strategi berfikir dan manajemen belajar (konsep dan aplikasi). Banda Aceh: Pena.

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed). New York City: Mc Graw Hill Companies.

Juniati, N. (2016). Pengaruh problem based learning dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa di SMPN Dewantara. (Thesis tidak diterbitkan). Universitas Negeri Medan: Medan.

Katz, L. G. (1993). Dispositions as educational goals. Diambil pada tanggal 24/01/2018 dari http://www.edpsycinteractive.org/files/edoutcomes.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Implementasi kurikulum 2013.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Handbook of research mathematics teaching and learning. Editor : Douglas A. Grows USA : Macmilan Library Reference.

Nurjaman. (2014). Meningkatkan kemampuan pemahaman dan koneksi serta disposisi matematik siswa madrasah tsanawiyah melalui pembelajaran berbasis masalah. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi, 2(1); 376-484.

Ningrum, R. K. (2017, February). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan problem based learning berbasis flexible mathematical thinking. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, (pp. 213-222).

Rinanda, F. (2017). Penerapan model problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP. (Thesis tidak diterbitkan). Universitas Syiah Kuala: Banda Aceh.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan potensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sartika, Rita. (2017). Pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan komunikasi matematika, penalaran, dan pemahaman konsep matematika bagi siswa kelas X MAN 1 kota Bengkulu.Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1), 108-117.

Sibuea, MFL. (2015). Peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa SMK taman siswa Sukadamai kabupaten Asahan melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Paradikma, 8(3), 70-83.

Sukamto. (2013). Strategi quantum learning dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan disposisi dan penalaran matematis siswa. Journal of Primary Educational. 2, (2), 91-98.

Syahrina, N. (2016). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis melalui pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik pada siswa Mts Daar Al-Uluum Asahan Kisaran. (Thesis tidak diterbitkan). Universitas Negeri Medan: Medan.

Article Metrics
Abstract views: 102
pdf downloads: 117
Published
2020-04-30
How to Cite
Rianti Rahmalia, Hajidin, H., & BI. Ansari. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Numeracy, 7(1), 137-149. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038
Section
Articles