PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT

  • Fachrudin Ruzi STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Ully Muzakir STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Problem Posing, Representasi Matematika, Materi Bangun Datar Segi Empat

Abstract

Untuk dapat mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran problem posing terhadap kemampuan representasi matematika pada materi bangun datar segi empat, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Representasi Matematika Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Siswa Kelas VII SMP N 1 Baitussalam Aceh Besar Tahun Ajaran 2013/1014”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran  problem posing terhadap kemampuan representasi matematika, melihat aktivitas siswa, dan kemampuan guru terhadap pembelajaran materi bangun datar segi empat dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing siswa kelas VII SMP N I Baitussalam. Rancangan penelitian ini menggunakan one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian berjumlah 57 siswa, sedangkan sampel yang diambil adalah salah satu kelas VII SMPN I Baitussalam yaitu kelas VIIA yang berjumlah 24 siswa. Tehnik pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar, lembar observasi siswa dan guru. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dan a = 0,05 pada taraf signifikan, diperoleh berdasarkan derajat kebebasan (dk) = 46 dengan kriteria terima Ho jika – t1- ½α < ttabel < t1- ½α dan tolak Ho jika t mempunyai harga yang lain. Dari tabel distribusi t diperoleh t0,95(23) = 1,71. Karena ( thitung > ttabel )  yaitu 10,39 > 1,71 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematika  pada siswa kelas VII SMPN I Baitussalam Aceh Besar.

References

Arikunto, S. 1990. Metode Penilitian Eksperimen,digilib.unpas.ac.id/download.php.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika, Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Mandikdasmen Depdiknas.

Brown, 2009. Komponen Pembelajaran Matematika, dwyaza, weebly. Com/ Problem Possing,dalam pembelajaran matematika.

Darwis, 2009. Pendekatan Problem Possing, diakses 2008/10 melalui situs:// www. Struktur Aljabar. co. cc .Skripsi-Problen-Possing, html.

Fadillah, S. 2008. Menumbuhkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematika Melalui Pembelajaran Open Ended. Diakses pada tanggal 4 Mei 2011, padahttp://webcache.googleusercontent.com.

Hudojo, H. 1990. Strategi Belajar Mengajar, Malang:IKIP Malang.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung: Roda Karya.

NCTM, 1999. Kemampuan Representasi Matematis, diakses 2010/12/11, melalui situs: Trisniawati. Wordpress. Com. Representasi Matematika.

Sudijono, A. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo persada,).

Sudjana, 2000. Hasil Belajar Matematika. Ardanayudhistira, blogspot. com. Sukino dan Wilson Simangunsong. 2006. Matematika untuk SMP kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Zaki, M. 2007. Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Pokok Bahasa Statistika di MAN Darussalam Aceh Besar. Skripsi, Banda Aceh: Tarbiyah IAIN Ar-Raniry
Article Metrics
Abstract views: 278
pdf downloads: 303
Published
2015-04-30
How to Cite
Ruzi, F., & Muzakir, U. (2015). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT. Numeracy, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.46244/numeracy.v2i1.141
Section
Articles