DESAIN PEMBELAJARAN MATERI PENGUKURAN SUDUT DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK KELAS VI

  • Pramitha Sari Universitas Sriwijaya
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya
  • Nila Kesumawati STKIP PGRI Palembang
Keywords: Pengukuran Sudut, Pendekatan PMRI, Design Research

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan lintasan belajar siswa dalam pembelajaran pengukuran sudut berdasarkan pendekatan PMRI di kelas VI. Penelitian ini menggunakan design research yang melibatkan 32 siswa kelas VI SD Negeri 182 Palembang. Hasil penelitian berupa Learning Trajectory yang memuat serangkaian proses pembelajaran tentang pengukuran sudut yaitu mengenal dan mengetahui unit pengukuran untuk menentukan besar sudut melalui membandingkan dua sudut yang berbeda. Dari aktivitas yang dilakukan dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang pengukuran sudut.

References

Bustang, Zulkardi, Darmawijoyo, Dolk, M. dan van Eerde, D. 2013. Developing a Local Instruction Theory for Learning the Concept of Angle Through Visual Field Activities and Spatial Representations. International Education Studies, 6 (8): 58 – 70.

Clements, D. H., & Sarama, J. 2009. Learning and teaching early math: The learning trajectories approach. New York: Routledge.

Clements, D. H., & Stephan, M. 2004. Measurement in Pre-K to Grade 2 Mathematics. In D. H. Clements, J. Sarama, & A.-M. Dibiase (Eds.), Engaging Young Children in Mathematics: Standard for Early Childhood Mathematics Education (pp. 299-320). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Gravemeijer, K. dan Cobb, P. 2006. Design Research From A Learning Design Perspective. Dalam Akker, dkk. (Ed.): Educational Design Research. New York: Routledge. Hlm. 17 – 51.

Keiser, J. M. (2004). Struggles with developing the concept of angle: Comparing sixth-grade students’ discourse to the history of the angle concept. Mathematical Thinking and Learning, 6(3), 285-306

Lehrer, R. 2003. Developing Understanding of Measurement. In J. Kilpatrick, W. G. Martin, & D. E. Schifter (Eds), A research companion to principles and standards for school mathematics (pp. 179-192). Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Maemunah, N. 2013. Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Tentang Materi Pengukuran Sudut (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidiyah Ar- Rohmah Kecamatan Sukajadi Kota Bandung). Bandung: Perpustakaan UPI.

Mitchelmore, M., & White, P. 2000. Development of angle concepts by progressive abstraction and generalization. Educational Studies in Mathematics, 41, 209-238.

Nieveen, N., McKenney, S., dan Akker, JVD. 2006. Educational Design Research. London: Routledge Taylor and Francis Group.

OECD. 2009. PISA 2009 Assessment Framework - Key Competencies in Reading, Mathematics and Science. Paris: OECD.

Rahayu, D. S. 2013. Matematika Pokok Bahasa Pengukuran Sudut di Kelas V Mis Al-Karomah Sido Bangun Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat Tahun 2012/2013. UPT: Perpustakaan UNIMED.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistic: Suatu Alternative Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Van De Walle, J. A. 2008. Sekolah Dasar dan Menengah Matematika Pengembangan Pengajaran Jilid 2 (6 ed.). (S. Gugi, L. Simarmata, Eds., & Suyono, Trans.) Jakarta: Erlangga.

Zulkardi & Putri, R. I. 2006. Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Prosiding in Konferensi Nasional Matematika ke 13 (pp. 1-7). Semarang: Indonesia.

Zulkardi. 2009. The "P" in PMRI: Progress and Problems. ICMA Mathematic Education (pp. 773-780). Yogyakarta: IndoMs.
Article Metrics
Abstract views: 740
pdf downloads: 2326
Published
2015-04-30
How to Cite
Sari, P., Putri, R. I. I., & Kesumawati, N. (2015). DESAIN PEMBELAJARAN MATERI PENGUKURAN SUDUT DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK KELAS VI . Numeracy, 2(1), 33-42. https://doi.org/10.46244/numeracy.v2i1.151
Section
Articles