PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan performa (aktivitas dan keterampilan) berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model group investigation (GI). Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Jenggot berjumlah 18 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2021-2022. Teknik pengumpulan data adalah observasi aktivitas kritis dan tes berpikir kritis. Analisis data berpatokan pada indikator keberhasilan dengan minimal nilai aktivitas kritis dan keterampilan berpikir kritis minimal 70% tuntas. Hasil penelitian adalah aktivitas kritis pada akhir siklus mengalami peningkatan 23,06%, sedangkan keterampilan berpikir kritis pada akhir siklus mengalami peningkatan 13,25%. Oleh karenanya, penerapan model GI dapat meningkatkan performa berpikir kritis siswa sekolah dasar.
References
Abidin, Z. (2012). Intuisi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam pemecahan masalah matematika divergen. Madrasah, 2(1), 66–75. https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.1442
Altintas, E., & Ozdemir, A. S. (2012). The effect of teaching with the mathematics activity based on purdue model on critical thinking skills and mathematics problem solving attitudes of gifted and non-gifted students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 853–857. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.212
Amir, M. F. (2015). Proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, 01(02), 159–170. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/download/235/150
Amir, M. F., & Kurniawan, M. I. (2016). Penerapan pengajaran terbalik untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa PGSD UMSIDA pada materi pertidaksamaan linier. Pedagogia, 4(1), 13–26. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.85
Amir, M. F & Sartika. B. S. (2017). Buku ajar metodologi penelitian dasar bidang pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Arikunto, J. (2010). Evaluasi program pendidikan: pedoman teoritis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas model pembelajaran tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) dalam meningkatkan kreativitas berpikir kritis dan hasil belajar IPS siswa kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Covington, A. C., Sheppard, P., Flint, T. K., & Tackie, N. A. (2019). To what extent does hands-on exposure to algebraic thinking predict mathematics achievement for urban middle schoolers. Journal of Educational Issues, 5(1), 118. https://doi.org/10.5296/jei.v5i1.14460
Gilmanshina, S., Smirnov, S., Ibatova, A., & Berechikidze, I. (2021). The assessment of critical thinking skills of gifted children before and after taking a critical thinking development course. Thinking Skills and Creativity, 39(December 2020), 100780. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100780
Handayani, N. D., Mantra, I. B. N., & Suwandi, I. N. (2019). Integrating collaborative learning in cyclic learning sessions to promote students’ reading comprehension and critical thinking. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 6(5), 303–308. https://doi.org/10.21744/irjmis.v6n5.777.
Harini, L. P. I., & Oka, T. B. (2016). Penggunaan mind map dalam pembuktian matematika. Jurnal Matematika, 6(1), 56–67.
Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1980, 121–126.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis matematis dalam menghadapi abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/29305/12924
Kavanagh, J. A., Issartel, J., & Moran, K. (2020). Quantifying cycling as a foundational movement skill in early childhood. Journal of Science and Medicine in Sport, 23(2), 171–175. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2019.08.020
Kumbaraningtyas, A., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Penerapan model cooperative learning tipe Group Investigation untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 48. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i1.215
Lestari, E., Cahyono, H., & Awaluddin, A. (2019). Penerapan model pembelajaran Group Investigation pada materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 124–139. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.12814
Maričić, S., & Špijunović, K. (2015). Developing critical thinking in elementary mathematics education through a suitable selection of content and overall student performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 653–659. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.174
Mueller, M., Yankelewitz, D., & Maher, C. (2014). Teachers promoting student mathematical reasoning. Investigations in mathematics learning, 7(2), 1–20. https://doi.org/10.1080/24727466.2014.11790339
Putra, G., & Djamas, D. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan metode pictorial riddle terhadap pencapaian kompetensi fisika siswa pada materi gerak pillar of physics education, 13(1), 65–72. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/7380
Ramaraj, A., & Nagammal, J. (2016). Investigating the creative processes and outcomes of an open ended design task: a qualitative study on two days practicum for architecture students. Thinking Skills and Creativity, 21, 1–8. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2015.11.005
Rogers, K. C., & Kosko, K. W. (2019). How elementary and collegiate instructors envision tasks as supportive of mathematical argumentation: a comparison of instructors’ task constructions. Journal of Mathematical Behavior, 53(August), 228–241. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2018.08.004
Romero, M., Hyvonen, P., & Barbera, E. (2012). Creativity in collaborative learning across the life span. Creative Education, 03(04), 422–429. https://doi.org/10.4236/ce.2012.34066
Rusdiana, E., & Sucipto. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis melalui penerapan model cooperative learning tipe Group Investigation. Jurnal Ilmiah: SOULMATH, 6(1), 25–36. Retrieved from http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/mipa
Slavin. (2009). Cooperative Learning: teori, riset, dan praktik. terj. narulita yusron. Bandung: Nusa Media.
Sulistyani, N., & Deviana, T. (2019). Analisis bahan ajar matematika kelas V SD di kota Malang. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 7(2), 133–141. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd
Susanti, E., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2019). Penerapan model Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas. Jurnal Utile, V, 123–133. Retrieved from https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT
Utomo, Susilo setyo. (2020).Berpikir kritis dan kratif dalam pembelajaran sejarah. Jawa Tengah: PT. Amerta Medika.
Wicaksono, Bintang & Laela Sagita W. N. (2017). Model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan. 8(2), 1–8. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876
Wina sanjaya. (2016). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Prenada Media.
Yudi, B., & Purwaningsih, A. (2018). Model Cooperative tipe group investigation pada siswa kelas V SD negeri harapan 1 Bekasi Utara. Pedagogik (Jurnal PedagogikVI(1), 1–8. Retrieved from http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/430
PDF downloads: 560