ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SD DALAM MEMBUAT PERSAMAAN MATERI PECAHAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan siswa SD dalam membuat persamaan materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah satu siswa SD kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes, kemudian subjek diwawancara berdasarkan hasil tes. kemudian dianalisis. Subjek diberi tes yang berisi sebuah persamaan. Kemudiaan subjek diminta untuk membuat persamaan lain yang senilai dengan persamaan awal. Hasil tes menunjukkan bahwa subjek dapat membuat sebanyak 11 persamaan dengan persamaan awal. Cara yang digunakan subjek dalam membuat persamaan antara lain; (1) memindahruas elemen pembangun tanpa mengubah nilai dari elemen pembangun yang diketahui, (2) memindahruas elemen pembangun dan mengubah nilai bilangan pembilang dan penyebut dari elemen pembangun yang diketahui tanpa mengubah nilai dari elemen pembangun tersebut, (4) menggunakan manipulasi matematika tetapi tetap mengacu pada persamaan awal. ZSR dapat membuat sebanyak 7 bentuk dengan pola berbeda dengan soal pada tes, antara lain (1) jika maka , (2) jika maka , (3) jika maka (4) jika maka , (5) jika maka , (6) jika maka , (7) jika maka , dengan adalah pecahan dan adalah operan yang diketahui.
References
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM
Slavin, R. E. 2008. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas
pdf downloads: 257