PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MELALUI STRATEGI BELAJAR SMALL GROUP WORK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

  • Asrar Aspia Manurung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Marah Doly Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Khairun Nisah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Pengembangan, LKPD, Strategi Small Group Work, Bangun Ruang Sisi Datar.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan strategi belajar small group work pada materi bangun ruang sisi datar dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan ADDIE yang meliputi Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), and Evaluation (Evaluasi). Pada penelitian pengembangan ini peneliti membatasi tahap pengembangan sampai pada tahap Development (pengembangan). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang dikembangkan ini adalah angket penilain oleh guru matematika, untuk mengukur kepraktisan LKPD instrument yang digunakan adalah angket respon peserta didik dan untuk mengukur keefektifan LKPD instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik menggunakan LKPD melalui strategi small group work  pada materi bangun ruang sisi datar. Kevalidan RPP dan LKPD dinilai dari penilaian rata-rata untuk RPP dan LKPD yang dinilai oleh dua dosen ahli dan satu guru matematika. Keefektifan LKPD yang dikembangkan ditinjau dari nilai tes hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP.

References

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 90-114.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).

Latif, M. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan Sistem Among dengan strategi Small Group Work untuk melatihkan kemampuan komunikasi matematis siswa (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Mahmudah, L. (2017). Pentingnya pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Sari, K. A., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik ipa berbasis model project based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi peserta didik kelas vii. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(8), 4.

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi pembelajaran tematik di kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139-144.

Wiyasih, B. R. (2020). Pengembangan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Tematik Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Berpikir Tingkat Tinggi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Wulandari, N. (2021). Analisis Kreativits Guru Kelas Dalam Menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Matematika Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 120-127.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258-274.

Zohra, F., & Konadi, W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Small Group Work Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mengembangkan Semangat Wirausaha Di Kelas X Pemasaran Smk Negeri 1 Lhokseumawe. Jurnal Sain Ekonomi dan Edukasi (JSEE), 2(2).

Article Metrics
Abstract views: 75
PDF downloads: 39
Published
2021-09-27
How to Cite
Manurung, A. A., Nasution, M. D., & Nisah, K. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MELALUI STRATEGI BELAJAR SMALL GROUP WORK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Numeracy, 8(2), 83-89. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1561
Section
Articles