KORELASI ANTARA KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

  • Nurul Fajri STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kemampuan Koneksi, Kemampuan Komunikasi, Pendekatan CTL

Abstract

Kemampuan koneksi dan komunikasi matematis perlu menjadi fokus perhatian dalam pembelajaran matematika.Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi antara kemampuan koneksi dan komunikasi Matematis siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes (koneksi dan komunikasi). Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan koneksi dan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas kontrol; 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan koneksi dan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen atau yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).

References

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell, John W. (2010). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition”. Thousand Oaks: California

Elaine B. Johnson. (2006). Contextual Teaching & Learning(CTL.) Bandung: Kaifa

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar.ISSN 1412-565X. Edisi Khusus No. 1, Agustus 2011. Diakses pada tanggal 11 Desember 2013, dari: https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&ved=0CDoQFjAC&url=http%3A%2F%2Fjurnal.upi.Edu%2Ffile%2F8-Fachrurazi.Pdf&ei=0HGqUpP5N83jlAXPzIHICg&usg=AFQjCNF0zElKScq-aYy3WDKQGiBa6AiH7Q&sig2=WOCllyINu2-zPAuCDWJmqA&bvm=bv.57967247,d.dGI

Hariwijaya.(2009). Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogyakarta: Tugupublisher

National Council of Teachers of Mathematics.(2000). Principles and Standarts for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Pasaribu, Feri Tiona. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik.Tesis.tidak diterbitkan. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Pugalee, D.A. (2001). Using Communication to Develop Students’ Mathematical Literacy. Journal Research of Mathematics Education, 6, 296-299. Diambil pada tanggal 13 Juni 2012, dari http://mellyirzal.blogspot.com/2008/12/komunikasi-matematika.html

Ruspiani.(2000). Kemampuan Siswa dalam Melakukan Koneksi Matematika.Tesis Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia, tidak diterbitkan, Bandung PPs UPI.

Sanjaya,Wina.(2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sriyanto. (2004). Momok Itu Bernama Matematika. Basis, Edisi Juli-Agust2004. (online). Tersedia di:http://www.majalahbasis.com/artikeldetailEdisi.php?offset=0&idt=bs_artikel&noid=496. Di akses pada tanggal 30 oktober 2013.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Tamalene, Hanisa. (2010). Pembelajaran Matematika dengan Model CORE Melalui Pendekatan Keterampilan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama.Tesis. Magister UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. (2006). Pengantar Statistika Edisi Kedua. Yogyakarta: PT Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract views: 649
pdf downloads: 555
Published
2015-04-30
How to Cite
Fajri, N. (2015). KORELASI ANTARA KEMAMPUAN KONEKSI DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Numeracy, 2(1), 51-60. https://doi.org/10.46244/numeracy.v2i1.159
Section
Articles