DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS IX

  • Yulianti Universitas Sriwijaya
  • Yusuf Hartono Universitas Sriwijaya
  • Budi Santoso Universitas Sriwijaya
Keywords: Penyajian Data, Design Research, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan lintasan belajar yang dapat membantu siswa memahami konsep penyajian data dengan menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Research yang terdiri dari tiga tahap yaitu: preliminary, design experiment (pilot experiment dan teaching experiment) dan retrospective anayisis. Dalam penelitian ini proyek pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan hipotesis proses pembelajaran dan pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Lintasan belajar belajar dirancang dalam tahap desain awal dan diujikan pada 31 siswa kelas IX (yaitu 6 siswa pada dan 25 siswa pada teaching experiment) SMP N O Mangunharjo. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory (LT) yang memuat serangkaian proses pembelajaran yang membantu siswa memahami konsep penyajian data. Proyek yang diberikan adalah menyajikan data yang ada d kantor desa masing-masing ke dalam diagram yang tepat. Rangkaian aktivitas yang diberikan adalah pemberian lembar kerja proyek siswa, pengumpulan data dan presentasi hasil laporan kerja proyek. Pada aktivitas presentasi siswa mampu mengemukakan alasan penggunaan diagram atau grafik yang digunakan dan kesesuaian dengan data yang diminta.

References

Akker,et al. (2006). Education design research.London : Routledge Taylor and Francis Group.

Amin, Muh. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Statistika dengan Pendekatan PMRI di SMAN 1 Palembang. PPs Pendidikan Matematika universitas Sriwijaya. (Tesis tidak dipublikasikan)

Bereiter, C., & Scardamalia, M. (2000). Process and Product in PBL Research, Toronto: University of Toronto.

Bustang, Zulkardi, Darmawijoyo, Dolk, M dan Van Eerde. (2013). Developing A Local Instruction Theory for Learning the Concept of Angle Through Visual Field
Activities and Spatial Representation. International Education Studies, 6 (8): 58 - 70

Fachhrurozi, Akhsan (2010). Penggunaan Statistika. http://akhsans-ziro.blogspot.com/2010/11/statistika-dari-wikipedia-bahasa.html. Diakses tanggal 25 November 2014.

Fatmawati, Baiq. (2011). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Jurnal UPI JP MIPA, Vol. 16, No. 2. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Kershway, J. (2013). Data and Statistics. Kansas : Flexbook.

Garfield, J. 2002. How Student Learn Statistic. International Statistical Review. 63: 25 - 34

Kemdikbud. (2013) Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. BPSDMPK dan PMP: Jakarta

Kurniawan, Latif. (2011). Pembelajaran Berbasis Proyek. (online). Tersedia: http://latifkurniawan.blogspot.com/2011/12/pembelajaran-berbasis-proyek.html diakses tanggal 20 Desember 2013.

Laviatan, T. (2008). Innovative Teaching and Assessment Method: QBI and Project Based Learning. Mathematics Education Research Journal,Vol 10, 2, 105-116.

Lestariningsih. (2012). Desain Pembelajaran Matematika Legenda Pulau Kemaro pada Pembelajaran Statistika di Kelas VI Sekolah Dasar. PPs Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya. (Tesis tidak dipublikasikan)

Maulana, Puri. (2013). Penyajian Data Statistika. Perpustakaan Cyber. (online). Tersedia http://perpustakaancyber.blogspot.com.

Mendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013. Implementasi Kurikulum. Jakarta: Berita Negara RI.

Miswanto, (2011). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Program Linier Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari dalam Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan, Volume 1, Nomor 1 hal 60 – 68.

Moore, T.,ed. 2001. Teaching Statistic. (Mathematics Assosiation of America) MAA Notes no. 52,

Munawaroh, Rosyidatul Bambang Subali, Achmad.Sopyan. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Membangun Empat Pilar Pembelajaran Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal Vol 1 (1) hal 33 – 37.

Muzayyanah, A. (2009). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dalam Pembelajaran matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) di SMA Negeri 1 Godean. Dalam prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika Sekolah, 6 Desember 2009, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 300-318. Universitas Negeri Yogyakarta.

Riduwan, MBA dan Drs. Sunarto, M.Si. 2007. Pengantar Statistika. Untuk penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung : Alfabeta

Riyanti,Sin. (2011). Model Pembelajaran Berbasis Proyek. (online). Tersedia http://sin-riyanti.blogspot.com/2011/12/model-pembelajaran-berbasis proyek.html. Diakses tanggal 2Januari 2014.

Sampurno, Agus. (2007). Penerapan metode belajar aktif dalam pembelajaran berbasis proyek. Tersedia http://gurukreatif.wordpress.com/2007/09/18/penerapan-metode-belajar-aktif-dalam-pembelajaran-berbasis-proyek/. Diakses tanggal 25 Februari 2014

Sobel, Max A dan Maletsky, Evan M. (2004). Mengajar matematika. Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas dan Strategi untuk Guru Matematika SD,SMP, SMA. Jakarta: PT. Erlangga.

Soewandi, Slamet dkk. (2005). Perpektif Pembelajaran di Berbagai Bidang. USD : Yogyakarta

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project- Based Learning. California :The Autodesk Foundation.

Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Widjaja, Julie dan Suryandari. (2010). The Nature of Discourse in PMRI Classroom: Exploring the Notion of Average. Proceedings of IICMA 2009 Mathematics Education, pp. 765 – 772. Yogyakarta: IndoMS

Wijaya, Ariyadi. (2008a). Design Research in mathematics Education Indonesian Traditional Games As Preliminaries in Learning Measurement of Length. Dalam Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIV, Palembang, tanggal 24 s.d 27 Juli 2008, hal 731-738. Universitas Sriwijaya.

Widyantini, Th. (2014). Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII (online) Tersedia:. http://p4tkmatematika.org/file/ARTIKEL/Artikel Matematika/Penerapan Model Project Based Learning. Diakses tanggal 25 Agustus 2014.

Widyantini, Th dkk. Laporan Penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran matematika. PPPPTK Matematika : Yogyakarta

Yulia, Hasnah. (2014). Desain Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmatika dengan Pendekatan PMRI Menggunakan Konteks Kalender untuk Kelas IX. PPs Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya.

Zainab, Zulkardi, dan Hartono, Yusuf. (2013). Desain Pembelajaran Pola Bilangan dengan Pendekatan PMRI Menggunakan Kerajinan Tradisional Kain Tajung Palembang untuk Kelas IX SMP. PPs Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya.
Article Metrics
Abstract views: 2457
pdf downloads: 1143
Published
2015-10-31
How to Cite
Yulianti, Hartono, Y., & Santoso, B. (2015). DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS IX . Numeracy, 2(2), 1-12. https://doi.org/10.46244/numeracy.v2i2.163
Section
Articles