DESAIN PEMBELAJARAN OPERASI PECAHAN MENGGUNAKAN KERTAS BERPETAK DI KELAS IV

  • Lukluk Khuriyati Universitas Sriwijaya
Keywords: Operasi bilangan pecahan, kertas berpetak, pendekatan PMRI, design research

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan lintasan belajar untuk membantu siswa dalam memahami operasi pecahan dengan menggunakan kertas berpetak di kelas IV SD. Penelitian ini berdasarkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research type validation study yang bertujuan untuk membuktikan teori-teori pembelajaran. Desain research terdiri dari tiga tahap; desain pendahuluan, desain percobaan, dan retrospective analysis. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 130 Palembang dengan melihatkan siswa kelas IV yang berjumlah 38 siswa. aktivitas-aktivitas pembelajaran yang dilakukan siswa meliputi: 1) memahami arti pecahan, 2) menemukan pecahan senilai, dan 3) memahami konsep operasi pecahan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui serangkaian aktivitas yang telah dilakukan membantu siswa dalam pembelajaran operasi pecahan.

References

Bakker, A. (2004). Design Research in Statistics Education: On Symbolizing and Computer Tools. Utrecht: CD-β Press

Charitas, R., Zulkardi, & Yusuf, H. 2012. Pembelajaran Operasi Pembagian Menggunakan Permainan Tradisional Tepuk Bergambar di Kelas III Sekolah Dasar. Dalam Prosiding Konferensi Nasional Matematika XVI. Bandung, Tanggal 3 – 6 Juli 2012, hal 1121-1129. Universitas Padjajaran

Cramer, Kathleen; dkk. (2008). The Role of Representations in Fraction Addition and Subtraction. Jurnal: Mathematics Teaching In The Middle School, Vol. 13, No. 8, April 2008.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Kompetensi SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Djaali & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Fazio, Lisa dan Siegler, Robert. (2011). Teaching Fraction Educational Practices Series-22. International Bureau Education.

Gravemeijer, K. P. E., & Cobb, P. (2006). Design Research From A Learning Design Perspective. In J. V. D Akker, K. P. E Gravemeijer, S. McKenney, N. Nieven (Eds.), Educational Design Research (pp. 17-51). London: Routledge.

Gravemeijer, K. P. E., & Van Eerde, D. (2009). Design Research as a Means for Building a Knowledge Base for Teaching in Mathematics Education. The Elementary School Journal, 109(5).

Ilma, R. 2012. Pendisainan Hypohtetical Learning Trajectory (HLT) Cerita Malinkundang pada Pembelajaran Matematika. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, tanggal 10 November 2012. Universitas Negeri Yogyakarta

Kennedy, Leonard. (1994). Guiding Children’s Learning of Mathematics. California: Wadsworth Publishing Company.

Lukhele, R.B., Muray, H. & Olivier, A. (1999). Learners’ Understanding of The Addition Of Fractions. Proceedings of The Fifth Annual Congress of The Association for Mathematics Education of South Africa Vol. 1 (pp. 87 – 97). Port Elizabeth: Port Elizabeth Technikon.

Mamade, Ema. (2010). Issues On Children’s Ideas Of Fractions When Quotient Interpretation Is Used. 1-20.

Shanty, Nenden Octavarulia. (2011). Design Research on Mathematics Education: Investigating The Progress of Indonesian Fifth Grade Students’ Learning on Multiplication of Fraction with Natural Numbers. Pascasarjana Universitas Sriwijaya.

Simon, M. A. (1995). Reconstructing Mathematics Pedagogy from a Costructivist Perspective. Journal for Research in Mathematics, 26 (2), 114-115.

Streefland, L. (1991). Fraction in Realistic Mthematics Education: A Paradigm of Develompmental Research. Netherlands: Kluwer Academic Publisher.

Sukayati. (2003). Pecahan. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG).

Van De Walle, J.A. (2008). Matematika Sekolah Dasar Dan Menengah: Pengembangan Pengajaran. Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik : Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Graha Ilmu

Zulkardi. 2006. RME suatu inovasi dalam pendidikan matematika d Indonesia. Makalah disajikan pada Konferensi Matematika Nasional XIII. Bandung ITB.
Article Metrics
Abstract views: 969
pdf downloads: 477
Published
2015-10-31
How to Cite
Khuriyati, L. (2015). DESAIN PEMBELAJARAN OPERASI PECAHAN MENGGUNAKAN KERTAS BERPETAK DI KELAS IV. Numeracy, 2(2), 44-54. https://doi.org/10.46244/numeracy.v2i2.166
Section
Articles