PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN CTL PADA MATERI PELUANG KELAS X SMA NEGERI 3 BANDA ACEH
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana model pembelajaran CTL digunakan oleh guru Matematika di SMA Negeri 3 Banda Aceh?, (2) bagaimana guru mengembangkan model pembelajaran CTL dalam pembelajaran Matematika yang dilakukannya?, dan (3) bagaimana persepsi siswa kelas X terhadap pembelajaran guru Matematika yang menggunakan model pembelajaran CTL di SMA Negeri 3 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran CTL yang digunakan oleh guru Matematika di SMA Negeri 3 Banda Aceh, (2) untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran CTL dalam pembelajaran Matematika yang dilakukannya, dan (3) untuk mengetahui persepsi siswa kelas X terhadap pembelajaran guru. Guru adalah komponen utama yang paling berperan dalam peningkatan hasil belajar siswa, oleh karena itu guru harus menguasai sejumlah metode pembelajaran. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi semua pihak dalam rangka peningkatan mutu pendidikan terutama: Bagi siswa, Bagi Guru, Bagi Sekolah. Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah hanya pada materi Peluang. Materi tersebut merupakan materi pada mata pelajaran matematika kelas X semester genap pada kurikulum 2013. Berdasarkan rumusan masalah di atas hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga melalui pembelajaran CTL pada materi Peluang, siswa dapat peningkatan hasil belajar. Pendekatan yang digunakan dalam metode ini adalah kualitatif. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini akan dilaksanakan observasi dan tes. Dengan Penerapan Metode Pembelajaran CTL, terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Dibuktikan dengan hasil nilai ketuntasan dari 66,7% pada siklus I dan menjadi 93,3% pada akhir siklus II.
References
Asyirint, Gustaf. 2010. Langkah cerdas menjadi guru sejati berprestasi.Yogyakarta: Bahtera Buku
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyasa. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosda Karya. Rineka Cipta
Nurhadi. 2010. Menciptakan Pembelajaran IPS. Jakarta Barat: Multi Kreasi Satu delapan
Sanjaya, wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sardiman, A.M, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Indonesia: Grafindo Persada
Sisworo. 2013. Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Sudjana, nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada
pdf downloads: 92