PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PENDEKATAN META-ANALISIS)

  • Puspa Wigati Universitas Tanjungpura
  • Asep Nursangaji Universitas Tanjungpura
  • Dede Suratman Universitas Tanjungpura
  • Edy Yusmin Universitas Tanjungpura
  • Dian Ahmad Universitas Tanjungpura
Keywords: E-learning, Hasil Belajar Matematika, Meta-Analisis

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah merangkum beberapa studi-studi tentang pengaruh media e-learning pada hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini dapat menjadi satu referensi yang mudah diakses oleh pengguna hasil penelitian sebagai pilihan media pembelajaran bagi peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar maupun sebagai bahan pengembangan media e-learning yang jauh lebih baik untuk selanjutnya. Metode penelitian digunakan kuantitatif, teknik pengumpulan data berupa dokumen skripsi maupun tesis dan analisis data menggunakan meta-analisis. Terdapat 9 penelitian yang telah dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi, serta diperoleh dari perpustakaan Universitas Tanjungpura. Hasil penelitian diperoleh effect size (r) dari penggunaan media e-learning berdasarkan jenjang, pada jenjang SMP memiliki besaran pengaruh yang bertanda positif, sedangkan pada jenjang SD, SMA dan SMK memiliki besaran pengaruh yang bertanda negatif. Berdasarkan jenis media yang digunakan, seluruh kategori berdasarkan media tidak ada yang memiliki besaran pengaruh yang bertanda positif. Hasil perhitungan meta-analisis berbantuan aplikasi JASP diperoleh nilai r* sebesar -0,646 dan nilai p-value dari Z bernilai lebih dari 0,05. Kesimpulannya adalah penggunaan media e-learning tidak ada pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, hipotesis penelitian ditolak.


Asbtract
The research purpose is to summarize the study of the effect of e-learning on student’s mathematics learning outcomes. Therefore, this research can be a reference that is easily accessible to users of research results as a choice of learning media for improving students learning outcomes and as a reference for developing better e-learning media in the future. The research method used is quantitative research, data collection techniques in the form of dissertation and thesis documents and data analysis used with a meta-analysis approach. There are 9 studies selected based on inclusion and exclusion criteria that were obtained from the Tanjungpura University library. The results of the study obtained the effect size (r) of using e-learning based on the level, that junior high school has a positive effect size, meanwhile, that elementary school, senior high school, and vocational high school have a negative effect size. Based on the type of media used, all of them there are have no positive effect size. The results of the meta-analysis using the JASP application has a value of r* -0,646 and a p-value of Z value of more than 0,05. The conclusion is the apply of e-learning media has not a positive effect that is not significant on student’s learning outcomes. Therefore, the research hypothesis was rejected.

References

Andriani, D. G., & Indrayany, E. S. (2019). Pengaruh Media Maple Terhadap Komunikasi Matematika Pada Materi Integral. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2:). https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i2:.2094

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asmiati, T., Ikhsan, M., & Subianto, D. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Di SMP. Jurnal Numeracy, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1036

Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P. T., & Rothstein, H. (2009). Introduction to meta-analysis. United Kingdom: John Wiley & Sons.

Card, N. A. (2012). Applied Meta-Analysis for Social Science Research (2nd ed.). New York: The Guildford Press.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed.). New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning: Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Decoster, J., & Hall, G. P. (2004). Meta-Analysis Notes. Narrative.

Egger, M., Smith, G. D., & Phillips, A. N. (1997). Meta-analysis: Principles and procedures. British Medical Journal, Vol. 315. https://doi.org/10.1136/bmj.315.7121.1533

Husna, R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Turunan Pada Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Mobile Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Numeracy, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1187

Kadir, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Edmodo Di MAN Lhokseumawe. Jurnal Numeracy, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1198

Kompri. (2017). Belajar: Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Yogyakarta: Media Akademi.

Kurnia. (2021). Studi Literatur: Media Pembelajaran yang Digunakan Pada Model Pembelajaran Inquiry Learning.

Mandailina, V., Syaharuddin, S., Pramita, D., Ibrahim, I., & Haifaturrahmah, H. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2). https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.955

Parnabhakti, L., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran PowerPoint Melalui Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 8–12. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.459

Pramestika, L. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar MAatematika Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.610

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1). https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951

Saadah, N., & Budiman, I. (2022). Meta Analisis: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Jenjang SMP. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 221–236. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.221-236

Sampini, S. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran dengan Aplikasi Camtasia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2). https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.804

Siregar, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitati: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Siskiliani, S., & Jeranah, jeranah. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dengan Menggunakan Media Padlet Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMA YP PGRI 3 Makassar. Journal Pendidikan Matematika, 1(1).

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2012). Instructional Technology And Media for Learning. In Instructional Technology and Media for Learning. (9th ed.). Jakarta: Kencana-Prenada.

Sugilar, H. (2017). Daya Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.252

Ula, N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Akhwani, A. (2020). Meta-analisis Pengaruh Media Visual Terhadap Minat Belajar Siswa SD Pada Pembelajaran Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 82–92. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.6223

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Article Metrics
Abstract views: 212
PDF downloads: 142
Published
2023-11-08
How to Cite
Wigati, P., Nursangaji, A., Suratman, D., Yusmin, E., & Ahmad, D. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PENDEKATAN META-ANALISIS). Numeracy, 10(2), 106-119. https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i2.2292
Section
Articles