KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL
Abstract
Kajian ini membahas terkait deskripsi kemampuan penalaran induktif siswa yang ditinjau dari kecerdasan emosional. Kemampuan penalaran induktif siswa yang masih rendah diduga dipengaruhi salah satunya oleh keadaan emosi yang ada pada diri siswa. Maka perlu adanya kajian guna mengungkapkan kemampuan penalaran induktif ditinjau dari kecerdasan emosional pada tingkat tinggi, sedang dan rendah yang ada pada siswa saat menjawab soal. Metode yang digunakan yakni deskriptif berbentuk survei dengan subjek sebanyak 29 siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sungai Raya. Data diperoleh melalui teknik komunikasi langsung dan tidak langsung, serta pengukuran dengan tertulis dengan alat bantu berupa angket kecerdasan emosional, tes kemampuan penalaran induktif dan wawancara. Data selanjutnya diolah dengan mengumpulkan, mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan. Hasil yang diperoleh yaitu siswa pada tingkat kecerdasan emosional tinggi dan sedang memiliki kecenderungan dapat memenuhi kedua indikator kemampuan penalaran induktif yakni kemampuan menganalisis dari pola hubungan guna membuat dugaan (conjecture) dan kemampuan melakukan generalisasi dari pengamatan pada sejumlah data. Namun, tidak ditemukan siswa dengan tingkat kecerdasan emosional rendah.
Abstract
This study discusses the description of students' inductive reasoning abilities in terms of emotional intelligence. Students' inductive reasoning abilities are still low, and it is suspected that one of them is influenced by the emotional state of students. So, it is necessary to have a study to reveal inductive reasoning abilities in terms of emotional intelligence at high, medium and low levels that exist in students when answering questions. The method used was descriptive in the form of a survey with 29 students in class VIII B at SMP Negeri 1 Sungai Raya as subjects. Data were obtained through direct and indirect communication techniques and written measurements with tools such as emotional intelligence questionnaires, tests of inductive reasoning abilities and interviews. The data is then processed by collecting, reducing, presenting and concluding. The results are that students at high and moderate levels of emotional intelligence tend to fulfill the two indicators of inductive reasoning ability, the ability to analyze patterns of relationships to make conjectures and the ability to generalize from observations on several data. However, no students with low emotional intelligence were found.
References
Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Jurnal Numeracy, 7(2), 192–206. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167
Copeland, L. O., & McDonald, M. B. (1999). Principles of Seed Science and Technology (3rd ed). Kluwer Academic.
Diana, H. A., & Saputri, V. (2021). Model Project Based Learning Terintegrasi Steam Terhadap Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Soal Numerasi. Jurnal Numeracy, 8(2), 113–127. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1609
Elsayed, A. M., & Almahri, A. M. (2023). Developing Mathematics Achievement and Inductive Reasoning: A Proposed Technique According to Brain Compatible Learning Theory. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(17). https://doi.org/10.33423/jhetp.v23i17.6537
Febriani, C., & Rosyidi, A. H. (2013). Identifikasi Penalaran Induktif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Mathedunesa, 2(1), 1–6.
Gustiati, M. (2016). Profil Kemampuan Penalaran Matematis dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar Siswa [Tesis, Universitas Negeri Makasar, 2016]. In Eprints Universitas Negeri Makassar. http://eprints.unm.ac.id/4396/
Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413
Hidayat, S., Rif’at, M., & Astuti, D. (2015). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Segitiga di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i6.10391
Irham, M., & Wiyani, N. A. (2017). Psikologi Pendidikan teori dan Aplikasi dalam proses pembelajaran. Ar-Ruzz Media.
Jehabun, S., Gunur, B., & Kuriawan, Y. (2020). Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 25–38. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v6i1.801
Kolodych, D., & Zarzycka-Dertli, J. E. (2020). Development Features of Emotional Intellegence in The Conditions of Informal Education (Cross Cultural Aspect). Socialization & Human Development: International Scientific Journal, 1(1). https://doi.org/10.37096/shdisj-20-1.1-0001
Misrom, N. S., Abdurrahman, M. S., Abdullah, A. H., Osman, S., Hamzah, M. H., & Fauzan, A. (2020). Enhancing students’ higher-order thinking skills (HOTS) through an inductive reasoning strategy using geogebra. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(3). https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03.9839
Ningsih, R. S., Rif’at, M., & Hartoyo, A. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 129. https://doi.org/10.26418/ja.v2i1.48069
Pulungan, P. S., Lubis, N. H., & Fauzi, M. A. (2017). Development of Mathematics Learning Model Based on a Metakognitif Approach with Student Character Involving Student Emotional Intelligence. International Journal of Science and Research (IJSR), 6(7). https://doi.org/10.21275/art20174532
Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(1), 41–48. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.304
Sela, Halini, & Yani, A. (2017). Hubungan Kemampuan Penalaran Induktif dengan Pemahaman Konsep pada Materi Operasi Hitung Pecahan Di Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 1–13.
Suherman, E. (2001). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Universitas Terbuka.
Van Vo, D., & Csapó, B. (2020). Development of inductive reasoning in students across school grade levels. Thinking Skills and Creativity, 37. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100699
PDF downloads: 285