ANALISIS KUALITAS SOAL UJIAN MATEMATIKA SEMESTER GENAP KELAS XI SMA INSHAFUDDIN KOTA BANDA ACEH
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kualitas Soal Ujian Matematika Semester Genap Kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Pada penelitian ini di gunakan metode deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan mengumpulkan lembaran jawaban siswa sebagai data. Selanjutnya data tersebut di analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda setiap butir soal. Populasi penelitian ini adalah nilai evaluasi belajar siswa bidang studi matematika kelas XI SMA Inshafuddin Tahun Pelajaran 2015/2016. Sedangkan yang menjadi sampel adalah lembaran jawaban siswa yang penulis ambil dari 35 orang siswa yang mengikuti ujian. Soal tes berupa 8 uraian (essay). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa tes validitas bentuk essay 50% tergolong katagori sangat tinggi, 37,5% tergolong katagori tinggi, dan 12,5% tergolong katagori rendah, reliabilitas bentuk essay 0,80 > 0,70 termasuk katagori tinggi, tingkat kesukaran bentuk essay 50% katagori sedang dan 50% tergolong katagori sukar. Adapun daya pembeda soal bentuk essay yaitu 50% tergolong katagori baik, 37,5% tergolong cukup, dan 12,5% tergolong katagori jelek sebaiknya dibuang saja. Dari hasil penelitian bahwa Kualitas Soal Ujian Matematika Semester Genap Kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh sudah dikatagorikan baik dan perlu adanya beberapa yang harus direvisi. Sehingga sebelum melakukan tes guru harus mengevaluasi ruang lingkup pembelajaran dengan demikian soal tersebut dapat dikatagorikan soal yang baik dan layak di ujiankan.
References
Arikunto, S. 2011a. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi, Cetakan kesebelas, Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2013b. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ashutosh Kumar Singh, Sandeep Goutele, S.Verma and N. Purohit.” An Energy Efficient Approach for Clustering in WSN using Fuzzy Logic” International Journal of Computer Applications.Vol.44.No.18.April 2012.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Crawford, John. 2000. Ed. 2. Evaluation of Libraries and Information Services. London: Aslib, the association for information management and information management international
Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Lababa, Djunaidi. 2008. Evaluasi program: sebuah pengantar. http://evaluasipendidikan.blogspot.co.id/2008/03/evaluasi-program-sebuah-pengantar.html%2001%20maret%202010. Diakses pada 01 Maret 2010.
Ratumanan, T.G, 2004. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Unesa University Press.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Subali, Bambang. 2012. Prinsip Asesmen & Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono, 2010a. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2012b. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surapranata, Sumarna 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumadi. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suyono dan Hariyanto, 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Thoha, M. Chahib. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Yunanda, Martha . 2009. Evaluasi dalam Islam. http://id.shvoong.com/social-sciences/education/1956775-evaluasi-dalam-islam/. Diakses pada 01 Maret 2010
pdf downloads: 6475