PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BOLA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN APS DI SMP MUHAMMADIYAH BANDA ACEH

  • Nuralam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Keywords: Learning Result of Math, Ball, Cooperative Learning Model, NHT Type, Mathematical Tool

Abstract

The process of learning mathematics tends to be less satisfactory, because the activity is done in monotonous and teacher-centered so that student learning result is not optimal. This study aims to find out about the learning outcomes, the level of mastery of learning and student responses in learning the ball material through cooperative learning model type NHT with APS. This research uses pre experimental research with one pretest-posttest design. The samples were obtained by total sampling technique from class IX as many as 25 people. The research instruments are test of learning result and student response questionnaire. The data analysis technique using t-test analysis and percentage technique. The result of the research based on the test shows that the students 'mathematics learning result is increased and the students are complete in learning as well as the students' learning response in positive category.

 

Abstrak

Proses pembelajaran matematika cenderung kurang memuaskan, karena kegiatan tersebut dilakukan secara monoton dan berpusat pada guru sehingga hasil belajar siswa tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hasil belajar, tingkat ketuntasan belajar dan respon siswa dalam belajar materi bola melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan APS. Penelitian ini menggunakan penelitian pra eksperimen dengan rancangan one grup pretest-posttest design. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik total sampling dari kelas IX sebanyak 25 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa.  Teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji t dan teknik prosentase. Hasil penelitian berdasarkan tes menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat dan siswa tuntas dalam belajar serta respon siswa belajar dalam kategori positif. 

Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Bola, Model Pembelajaran Koperatif, Tipe NHT, Alat Peraga Matematika

References

As’ari. A.R, Penggunaan Alat Peraga Manipulatif Dalam Pemahaman Materi Matematika, Malang: Jurnal Matematika, 1998.

Frederick H. Bell, Teaching and Learning Mathematics (In Secondary Schools), New York: Wmc Brown Company Publisher, 1978

Herman Hudojo, Belajar Mengajar Matematika, Jakarta: Depdikbud LPTK, 1988.

Isjoni, Pembelajaran Kooperatif, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.

M. Thobroni dan Arif Mustafa. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Netti Lastiningsih dkk, Matematika SMP dan MTs Kelas IX, Jakarta: Erlangga, 2007.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2006.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana, 2012.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter (Konsep, Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011.
Article Metrics
Abstract views: 57
pdf downloads: 65
Published
2017-10-31
How to Cite
Nuralam. (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BOLA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN APS DI SMP MUHAMMADIYAH BANDA ACEH. Numeracy, 4(2), 80-89. https://doi.org/10.46244/numeracy.v4i2.268
Section
Articles