PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN GEOMETRIC SKETCPAD
Abstract
The lack of understanding of students 'mathematical concepts in solving mathematical problems, caused by teachers who teach with learning models that are less conditioned to the abilities of their students, this does not provide an opportunity for students to channel their ideas or ideas so that students' understanding of mathematical concepts is still low. The sample in this study was only two classes. Data were processed using the t-test statistical formula at a significant level = 0.05. After the data is processed using t-test so that t-count = 5.5 and t-table = 1.681 are obtained. So t_count> t_table is 5.5> 1.681 then H_0 is rejected and acceptance of H_a occurs. Thus the hypothesis in this study states that the mathematical concepts of students taught using discovery learning models are better than those taught without using discovery learning models using sketcpad geometric software. Data were processed using the t-test statistical formula at a significant level = 0.05. After the data is processed using t-test so that t-count = 5.5 and t-table = 1.681 are obtained. So t_count> t_table is 5.5> 1.681 then H0 is rejected and acceptance of Ha occurs.
Abstrak
Kurangnya pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, disebabkan oleh guru yang mengajar dengan model pembelajaran yang kurang dikondisikan dengan kemampuan siswa mereka, ini tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk menyalurkan ide atau ide mereka sehingga siswa Pemahaman konsep matematika masih rendah. Sampel dalam penelitian ini hanya dua kelas. Data diolah menggunakan rumus statistik uji-t pada tingkat signifikan = 0,05. Setelah data diproses menggunakan uji-t sehingga t-hitung = 5,5 dan t-tabel = 1,681 diperoleh. Jadi t_count> t_table adalah 5.5> 1.681 maka H_0 ditolak dan penerimaan H_a terjadi. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa konsep matematika yang diajarkan siswa menggunakan model discovery learning lebih baik daripada yang diajarkan tanpa menggunakan model discovery learning menggunakan perangkat lunak geometris sketcpad. Data diolah menggunakan rumus statistik uji-t pada tingkat signifikan = 0,05. Setelah data diproses menggunakan uji-t sehingga t-hitung = 5,5 dan t-tabel = 1,681 diperoleh. Jadi t_count> t_table adalah 5.5> 1.681 maka H0 ditolak dan penerimaan Ha terjadi.
Kata Kunci: Discovery Learnig, Pemahaman Konsep Matematis, Geometri Sketcpad
References
Afrilianto, M., Rosyana, T. (2014). Strategi Thinking Aroud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Kelancaran Berprosedur dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. (Online). Vol.2 Hal. 45-53. (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2014/ 12/Prosiding-Semnas-STKIP-2014.pdf), diakses 15 Oktober 2016.
Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahlan, J. A. (2011). Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Indra, M.R. dan Ishnaningrum, I. (2015). Efektifitas Penggunaan Media Ict dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Mifa Learning Journals. Vol 2 No 3. hal. 198-199.
Maharani, R., Kurniasari, I. (2016). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Mojo Dalam Menyelesaikan Soal Model Proogramme For International Student Assessment (PISA) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa. Vol.3 No 5. Hal. 457.
Meng, C. C. (2012). Assessing Pre-Service Secondary Mathematics Teachers’ attitude Towards Geometer’s Sketchpad. Asia Pacific Journal of Educators and Education, Vol. 27. Hal. 105-117.
Nordin, N., Zakaria, E., Mohamed, N. R. N., & Embi, M.A. (2010). Pedagogical Usability of the Geometer’s Sketchpad (GSP) Digital Module in the Mathematics Teaching. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, Vol.9 No.4. Hal. 113-117.
Siregar, S. (2013). Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Software Graphmatica. Journal Penelitian. Vol. 3 No.1. Hal. 1-9.
Soemarmo, U. (2000). Proses Belajar dan Pemahaman Materi Kuliah. Makalah disampaikan pada lokakarya Peran Pedagogi dalam Peningkatan Proses
Susanto, A. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran disekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Gorup
Toh T.L. (2003). On Using Geometer’s Sketchpad to teach Relative Velocity. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, Vol.4 No.2.
pdf downloads: 504