PENGEMBANGAN PROTOTYPE PERTAMA LKS BERBASIS TAHAPAN PEMECAHAN MASALAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

  • Mulia Putra STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Rita Novita STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Dazrullisa STKIP Bina Bangsa Meulaboh
Keywords: LKS, Problem Solving Abilities Polya

Abstract

The purpose of this research is to analyse the feasibility of mathematics is Student Worksheet (LKS)  based on the four steps Polya for junior high school class VIII at once to see the increased ability of problem solving that comparisons of study/impact comparison of the results of the mathematical problem solving ability improvement of the middle school students first. To achieve the objectives of this research research methods will be very influential. As for the research methods that will be applied is the method research of R & D. Techniques of data collection using question form, observation and tests. Data analysis performed includes the validity and is LKS as a reabilitas against has been developed. The subject of the research involved in this research is grade VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh.

 

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan LKS matematika berdasarkan empat langkah Polya bagi Sekolah Menengah Pertama kelas VIII sekaligus untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang berdampak pada pengkajian komparasi/perbandingan dari hasil peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Sekolah Menengah Pertama. Untuk mencapai tujuan penelitian ini metode penelitian akan sangat berpengaruh. Adapun metode penelitian yang akan diterapkan adalah metode penelitian R & D. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Analisis data yang dilakukan meliputi validitas dan reabilitas terhadap LKS yang telah dikembangkan. Subjek penelitian yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh.

Kata kunci: LKS, Kemampuan Pemecahan Masalah Polya

References

Carilah. (2000). Pembelajaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Sebagai Usaha Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMA di Bandung. Abstrak Tesis. Tersedia: www.diglib.upi.edu , diakses tanggal 29 Juli 2011.

Hudoyo, H. (2001). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika Malang:IKP Malang.

Japa, I Gusti Ngurah. (2008). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terbuka Melalui Investigasi Bagi Siswa Kelas V SD 4 Kaliuntu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) Lembaga Penelitian Undiksha. April 2008, volume (1), 60-73.

Kompas. (2009). Kemampuan Indonesia di bawah Rata-Rata. [Online]. Tersedia: http://edukasi.kompas.com/read/2009/10/28/13264249/kemampuan.siswa.indonesia.di.bawah.rata-rata, diakses 23 Juli 2011.

Lambertus. (2010). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SD Melalui Pendekatan Realistik. Disertasi FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Mullis, I.V.S, M.O. Martin, E.J. Gonzalez, K.D. Gregory, R.A. Garden, K.M. O'Connor, S.J. Chrostowski, dan T.A. Smith. (2000). TIMSS 1999: International Mathematics Report. Boston: The International Study cebter, Boston Collage, Lynch School of Education.

Novita, R., Zulkardi, Hartono, Y. (2012). Exploring Primary Student’s Problem-Solving AbilityTasks like PISA’s Question. Journal on Mathematics Education, 3(2), 133-150.

PPPPTK. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD. Kementrian Pendidikan Nasional DIKTI.

Putra, M & Novita, R. 2015. Profile of Secondary School Student With High Mathematics Ability in Solving Shape and Space Problem. Jurnal Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education (IndoMs-JME). Volume 6, Nomor 1.

Putra, M. 2014. Pemecahan Masalah Matematika Tipe PISA Pada Siswa Sekolah Menengah dengan Konten Hubungan dan Perubahan. Numeracy, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Volume 1, No 1.

Saptuju. (2005). Meningkatkan Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Belajar kelompok Kecil dengan Pendekatan Problem Solving(Studi Eksperime di SMP negeri 1 Telukkuantan Kab. Kuantan Singingi Prop. Riau). Abstrak Disertasi. Tersedia: www.diglib.upi.edu, diakses 29 Juli 2011.

Stacey, Kaye. (2010). The PISA view of Mathematical Literacy in Indonesia. Jurnal on Mathetics Education (IndoMS). July, 2011, volume 2.

Sumardyono. (2011). Pengertian Dasar Problem Solving. Tersedia: http://p4tkmatematika.org/file/problemsolving/PengertianDasarProblemSolving_smd.pdf, di akses 10 Agustus 2011.

Tessmer, M. (1993). Planing and Conducting – Formative Evaluations. London, philadelphia: Kogan Page.

Usman, S. (2007). Strategi pemecahan masalah dalam penyelesaian soal cerita disekolah. Jurnal Samudra Ilmu 2007, Volume 2 Nomor Q .luni 12007 ISSN .l9Q7 - l99X.

Zulkardi. (2005). Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Pidato Pengukuhan Sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Pendidikan Matematika Pada FKIP Unsri.
Article Metrics
Abstract views: 179
pdf downloads: 188
Published
2017-10-31
How to Cite
Putra, M., Novita, R., & Dazrullisa. (2017). PENGEMBANGAN PROTOTYPE PERTAMA LKS BERBASIS TAHAPAN PEMECAHAN MASALAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP. Numeracy, 4(2), 178-187. https://doi.org/10.46244/numeracy.v4i2.285
Section
Articles