PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PELUANG

  • Eva Maulida STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Lili Kasmini STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Rita Novita STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Matematika Realistik, Materi Peluang, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Matematika merupakan ilmu dasar yang harus kita kuasai untuk bisa memahami ilmu lainnya. Dan selama ini pembelajaran matematika cenderung berjalan satu arah, siswa tidak dididik untuk menemukan konsep sendiri, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Begitu juga halnya pada pelaksanaan pembelajaran materi peluang, siswa tidak dibiasakan untuk menemukan sendiri konsep-konsep peluang, sehingga siswa menjadi pasif dalam belajar. Oleh karena itu  salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah melakukan  pendekatan pembelajaran Matematika Realistik. pendekatan ini merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang yang diawali dengan dunia nyata dan bisa menemukan sendiri konsep-konsep matematika sehingga melibatkan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan guru berperan sebagai pembimbing atau tutor. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MAN 3 Banda Aceh yang berjumlah 124 siswa, sampel yang di ambil yaitu kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Instrument  yang digunakan adalah tes awal dan tes akhir, data tersebut diolah dengan menggunakan statistik. Berdasarkan rumus uji t dengan taraf siknifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan 49 dari tabel distribusi t diperoleh t tabel : t0,975(49) = 2,44, Dan t hitung = 1,69. sehingga thitung > t(tabel) yaitu 2,44  > 1,67,  dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan matematika Realistik lebih baik dan meningkat dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi peluang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Blum dan Niss dalam Hadi S. 2005:19. Pendidikan Matematika Realistik. Tulip

Gravemeijer, K.P.E. 1994. Developing realistic mathematics education. Disertai doktor, Freudenthal Institute

Gravemeijer, K.P.E. 1997. Instructional design for reform in mathematics education. Dalam Beishuizen, Gravemeijer, & van Lieshout (Eds.), The role of context and models in the development of mathematics stategies and procedures. Utrecth

Hamalik, O. 1999. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Hadi, S. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Tulip

Kemendikbud RI. 2014. Buku Guru Matematika, Kurikulum 2013. Jakarta

Lehrer, R. 2003. Developing Understanding of Measurement. In J. Kilpatrick, W. G. Martin, & D. E. Schifter (Eds), A research companion to principles and standars for school mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Margono, S.2005. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Novita, 2012, Pengenbangan Soal Pemecahan Masalah Matematika Model Pisa Level Moderate Dan Most Difficult Untuk Siswa Sekolah Dasar, tesis, Palembang: Universitas Sriwijaya

PPPPTK, 2010, Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. Kementerian Pendidikan Nasional DIKTI.

Streefland, L. 1991. Fraction in realistic mathematics education, a paradigm of development research. Dordrecth: Kluwer

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sudjana. (2001:82). Metode Statistik. Bandung:Tarsito

Utami. D. A., Pendekatan Realistik Mathematic Education (RME) Berbasis Pemecahan Masalah Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika. (wikipedia) diakses melalui https://www.google.com/search?q=proposal+RME&ie=utf-8&oe=utf-8#q=proposalmeningkat+kemampuan+pemecahan+masalah+melalui+pendekatan+RME+pada+materi+pecahan. 2013
Article Metrics
Abstract views: 1211
pdf downloads: 620
Published
2015-10-31
How to Cite
Maulida, E., Kasmini, L., & Novita, R. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PELUANG. Numeracy, 2(2), 72-83. https://doi.org/10.46244/numeracy.v2i2.175
Section
Articles