PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat membantu dalam proses belajar mengajar dimana pendekatan kontekstual tersebut adalah pembelajaran yang merupakan suatu konsep belajar dengan guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan penerapan kontekstual pada bangun ruang kubus dan balok di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Sebanyak 29 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh dan penelitian ini diobservasi oleh dua orang observer terhadap tes kerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstualĀ berdampak positif terhadap hasil belajar siswa pada bangun ruang kubus dan balok.
References
Aisyah, N, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Asikin. 2003. Pembelajaran Matematika Berdasar Pendekatan Kontruktivisme dan CTL, Makalah dalam Rangka Seminar TOT Guru se Jawa Tengah. Semarang
Darsono, M. 2000. Belajar Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Depdikbud : Jakarta.
Johnson, A. 2006. Contextual Teaching and Learning.(Terjemahan). Jakarta: MLC.
...........Kemajuan atau Jalan di Tempat. http: // www.google/ dikdasmen/com: Diakses 21 April 2008. Pukul 19.30.
Masnur Muslich. (2007). KTSP pembelajaran berbasis kompetensi dan komtekstual panduan bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Nurhadi. 2002. Contextual Teaching and Learning (CTL). Jakarta: Depdiknas
Nasution, S. 1986. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung. Jemmars.
Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta. Depdiknas.
Sudrajat. 2007. Gerakan Pendekatan Kontekstual dalam Matematika Sebuah

