PENGEMBANGAN PENDEKATAN RICH TASK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MATEMATIKA

  • Fitriati STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Rita Novita STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Rich Task, Kemampuan Koneksi Matematika

Abstract

Kurangnya aktivitas matematis dalam dunia pembelajaran matematik di Indonesia menjadikan penyebab utama rendahnya kemampuan matematika siswa indonesia.  Hal ini terlihat jelas, baik dari hasil uji evaluasi skala nasional maupun internasional, dimana indonesia selalu berada pada posisi bawah. Selain itu, kemampuan matematika siswa yang diuji secara internasional melalui studi PISA juga terlihat rendah, khusunya pada kemampuan koneksi matematika. Siswa seakan kehilangan ide jika diminta menyelesaikan soal yang membutuhkan informasi lebih dari satu atau soal-soal yang sifatnya aplikatif. Tentusaja, keterpurukan indonesia baik secara nasional atau internasional dalam bidang matematika menjadi indikator bahwa mutu pendidikan matematika di Indonesia semakin rendah. Hal ini menuntut reformasi dalam dunia pendidikan matematika untuk menciptakan pembelajaran matematika yang sesuai dengan perkembangan dunia. Salah satu pendekatan yang bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan matematika siswa adalah melakukan pendekatan rich task dalam pembelajaran matematika. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VII SMP 1 Banda Aceh. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengembangan pendekatan rich task dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan matematika siswa diantaranya adalah kemampuan koneksi matematika.

References

Arikunto, S. (1999). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Depdiknas. (2006). “Pengembangan Bahan Ujian dan Analisis Hasil Ujian” Materi Presentasi Sosialisasi KTSP Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fergusson, S (2009). Same tasks, different paths: catering for students’ diversity in mathematics classroom. APMC, 14 (2), 32-36.

Goos, M., Geiger, V., dan Doley, S. (2013), “Designing Rich Numeracy Tasks”, dalam Proseedings of ICMI Study 22 Vol 1 on Task Design In Mathematics Education, Oxford UK 2-22 June 2013.

Hayat, B., & Yusuf, S. (2010). Bencmark: International Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemdikbud (2013), Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21, Tersedia: http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-2.

Moulds, P. (2004). Rich Tasks. Educational Leaderships, 51 (4), 75-78.
NCTM. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

OECD (2010). PISA Results: What student know and can do-students performance in reading, mathematics and science (Volume 1). Tersedia: http://dx.doi.org/10.178/9789264091450.en.

Phan, H. P (2006). Examination of student learning approaches, refelective thingking and epistemological beliefs: A latent variables approach. Journal of Research in Educational Psychology, 4 (3), 577-610.

Piggot, J (2012), Rich Task and Contexts, Tersedia: http://nrich.maths.org/5662.

Queensland Educational Department (2002), Education Queensland Department’s New Basics project: Productive pedagogies. Veiwed on 15 October 2010. Tersedia: http://education.qld.gov.au

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Stein, M. K., Grover, B. W. & Henningsen, M. (1996). Building student capacity for mathematical thinking and reasoning: An analysis of mathematical tasks used in reform classrooms. American Educational Research Journal, 33(2), 455–488.

Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting – Formative Evaluations. London, Philadelphia: Kogan Page.

The Jakarta Post (2010). Most students fail mock national examination. Tersedia: http://www.thejakartapost.com/news/2010/03/01/most-students-fail-mock-national-examination.

Van den Akker, J. (1999). Principles and Methods of Development Research. Dalam J.V.d Akker (Ed). Design Approaches and tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Widjaja, Y. B., & Heck, A. (2003). How a realistic mathematics education approach and microcomputer-based laboratory worked in lessons on graphing at an Indonesian junior high school. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 26 (2), 1-51.

Zulkardi (2002). Developing a Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers (Unpublished doctoral dissertation). University of Twente, Enschede. Retrieved from http://doc.utwente.nl/58718/
Article Metrics
Abstract views: 443
pdf downloads: 160
Published
2015-04-30
How to Cite
Fitriati, & Novita, R. (2015). PENGEMBANGAN PENDEKATAN RICH TASK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MATEMATIKA. Numeracy, 2(1), 21-32. https://doi.org/10.46244/numeracy.v2i1.148
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>