PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PENJUMLAHAN PECAHAN KERTAS (PENCAK) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Rita Novita STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Achmad Badrun Kurnia STKIP Jombang
  • Septy Sari Yukan Universitas Sriwijaya
Keywords: Pembelajaran Pecahan, Alat peraga, Pendekatan Matematika Realistik

Abstract

Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika memberi kontribusi yang sangat besar dalam mempelajari dan menguasai konsep/prnsip-prinsip matematika yang bersifat abstrak. Konsep-konsep dalam matematika akan dapat dimengerti dengan baik oleh siswa jika disajikan dengan bantua benda-benda kongkriti dan melalui kegiatan kontektual yang tidak asing bagi mereka. Penelitian ini bertujuan mendekripsikan keefektifan penggunaan alat peraga PENCAK (penjumlahan pecahan kertas) dalam pembelajaran penjumlahan pecahan di kelas IV Sekolah Dasar. Sebanyak 38 orang siswa kelas IV SD Muhammadiyah Palembang dan seorang guru yang mengajar dikelas tersebut dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga PENCAK memberi kontribusi yang baik terhadap perkembangan pemahaman siswa serta kreatifitas siswa dalam materi penjumlahan pecahan. Alat peraga PENCAK membantu siswa dalam menemukan sendiri konsep-konsep yang diperlukan dalam menguasai penjumlahan pecahan.

References

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD Beta Press.

Hadi, S. 2005. Pendidikan Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip

Hudojo, H. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Jawapos. 2009. Sinergi Katrol Mutu Pendidikan. [Online]. Tersedia : http://www.jawapos.co.id/metropolis/index.php?act=detail&nid=51006. [ 8 Februari 2009].

Soedjadi. 2000. “Nuansa Kurikulum Matematika Sekolah Di Indonesia”. Dalam Majalah Ilmiah Himpunan Matematika Indonesia (Prosiding Konperensi Nasional Matematika X ITB, 17-20 Juli 2000)

Sukayati & Suharjana. 2009. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran di SD. Yogyakarta: PPPPTK Matematika
Treffers. 1991. “Didactical Background of a Mathematics Program for Primary Education”. Dalam Realistic Mathematics Education in Primary School. Freudenthal Institute. Utrecht

Van den Heuvel-Panhuizen. 2000. Realistic Mathematics Education Work in Progress. http://www.fi.nl/ ……2000. Mathematics Education in the Netherlands a Guided Tour. http://www.fi.uu.nl/en/indexpulicaties.html.

Widjaya, Ariadi. (2008). Design Research in Mathematics Education: Indonesian Traditional Games as Means to Support Second Graders’ Learning of Linear Measurement. Utrecht-the Netherlands.

Zamroni. 2000. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing

Zulkardi. 2005. Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Pidato Pengukuhan Sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Pendidikan Matematika Pada FKIP Unsri
Article Metrics
Abstract views: 318
pdf downloads: 2952
Published
2015-04-30
How to Cite
Novita, R., Kurnia, A. B., & Yukan, S. S. (2015). PEMBELAJARAN PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PENJUMLAHAN PECAHAN KERTAS (PENCAK) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Numeracy, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.46244/numeracy.v1i1.68
Section
Articles