PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN IPA

  • Lili Kasmini Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Pengembangan Media Video Animasi, kearifan local, Literasi Lingkungan, Pembelajaran IPA

Abstract

Mengembangkan video pembelajaran pada materi ekosistem berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan literasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model video pembelajaran pada pembelajaran IPA basis kearifan lokal dengan materi ekosistem. Metode yang digunakan penelitian dan pengembangan (R&D), mengunakan model pengembangan ADDIE. Dengan tahapan model pengembangan yang melalui : tahap perencanaan, desain dan pengembangan). Perencanaa terdiri dari identifikasi hal yang dibutuhkan, analisis berupa media dengan bentuk pembelajaran, dan pembuatan file dalam  dokumen rencana. Dalam proses mendesain terdiri ide  inti dan terbuatnya video. Dalam pengujian iti melalui uji  alpa test dan beta test. Dengan hasil Vide Alpaa testing didapatkan valid belajar dengan video dari segi bahasa 81,2%, isi materi 70,4% dan media 75%. Hasil dari beta testing pada video belajar dengan berbasis  literasi alam diyatakan sangat layak. Hasil angket respon siswa di sekolah dengan nilai 89,1%, dari hasil uji coba produk mendapatkan persentase 84,8%,  dapat disimpulkan  bahwa media video animasi pada materi ekosistem berbasis kearifan lokal dinyatakan layak dan berhasil. Hasil keseluruhan  mendapatkan persentase 80,1% dengan kategori “Layak” didapatkan juga Persentase penilaian dari validasi produk yaitu ahli materi mendapatkan persentase 97,5% dengan kategori tanda seru layak dan ahli media mendapatkan persentase 95% dengan kategori tanda seru  sangat layak. Ini sangat layak untuk di terapkan dalam proses belajar siswa. Dari hasil perolehan vidio animasi bahan ajar materi ekosistem berbasis kearifan lokal layak digunakan untuk peserta didik khususnya di Sekolah dasar dengan mata pelajaran IPA.


Abstract
Developing a learning video on ecosystem material based on local wisdom can improve environmental literacy. This study aims to develop a learning video model on science learning based on local wisdom with ecosystem material. The method used is research and development (R&D), using the ADDIE development model. With the stages of the development model through: planning, design and development stages). Planning consists of identifying what is needed, analyzing the form of media with a form of learning, and creating files in the plan document. In the design process consists of the core idea and the making of the video. In testing it is through the alpa test and beta test. With the results of Vide Alpaa testing obtained valid learning with videos in terms of language 81.2%, material content 70.4% and media 75%. The results of beta testing on learning videos based on natural literacy were declared very feasible. The results of the student response questionnaire at school with a value of 89.1%, from the results of the product trial getting a percentage of 84.8%, it can be concluded that the animated video media on local wisdom-based ecosystem material is declared feasible and successful. The overall results get a percentage of 80.1% with the category "Feasible" also obtained the percentage of assessment of product validation, namely material experts get a percentage of 97.5% with the exclamation mark category feasible and media experts get a percentage of 95% with the exclamation mark category very feasible. This is very feasible to be applied in the student learning process. From the results of the acquisition of animated videos, teaching materials for ecosystem materials based on local wisdom are suitable for students, especially in elementary schools with science subjects.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, I. A. (2016). Power point sebagai alternatif media pembelajaran masa kini. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2).

Andriana, E., Vitasari, M., Oktarisa, Y., & Novitasari, D. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 186-200

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran video berbasis animasi mata kuliah ilmu bahan bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 9-18.

Arcana, K. T. P., Pranatayana, I. B. G., Suprapto, N. A., Sutiarso, M. A., Semara, I. M. T., Candrawati, N. L. P. A., & Suri, M. (2021). Tata Kelola Desa Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal di Desa Tihingan Kabupaten Klungklung. Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 36-45.

Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122-130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501

Dedy. M. 2022. Pengaruh pemanfaatan Media pembelajaran Program adobe flashTerhadap Hasil belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran B. Inggris Di kelas VII SMPN 3Pujananting. Kab. BARRU.

Emmy.B. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dalam Upaya MeningkatkanPrestasi Belajar Biologi.

HidayatI, Nur. 2015. Pengembangan bahan ajar bahasa indonesia berbasis lingkungan hidup terintegrasi dalam pembelajaran membaca dan menulis teks siswa smp negeri 2 turen. Jurnal NOSI, 2016, 4.1: 68-80.

Hotimah, dkk, 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2.1: 7-12.

Irawati, Eni & Weppy Susetyo, (2017) “Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Di Blitar”. Jurnal Supremasi, Vol 3, No 3.

Ilham, D. (2019). Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

Krisbiantoro, D., Handani, S. W., & Falah, I. J. 2021. Video Animasi Motion Graphic Dan Tipografi Kinetik Sebagai Media Sosialisasi Pencegahan Virus Corona. Jurnal Bahasa Rupa, 4(2), 125-133

Jerry, Putu Radita Ponza, (2018) “Pengembangan Media Video Animasi Pada Pelajaran Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar”, Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesa. Vol 6. No 1.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan video animasi berbasis kearifan lokal pada pembelajaran ipa kelas v di sekolah dasar. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153-166

Pakpahan, A. F.dkk.. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran, 2(2).

Retnawati, L., Pratama, F., Widiartin, T., Karyanto, N. W., & Adisusilo, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 5(1), 35-44

Samodro, S. (2018). Upaya meningkatkan daya saing ekspor produk UMKM makanan dan minuman melalui pengembangan usaha dengan berbasis pada kearifan lokal di Indonesia. Prosiding Sembadha, 1, 130-137.

Sae, H., & Radia, E. H. (2023). Media Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 2(2), 65-73.

Sukanta, Wayan, (2017) “Pengaruh Media Pembelajaran Film Kartun Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Geografis Pada Materi Lingkungan Hidup dan Pelestariannya Dikelas VIII SMP Negeri 1Belitang III Kabupaten Oku Timur Tahun Pelajaran 2016/2017”, Jurnal Swarnabhumi. Vol. 2. No. 1.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video animasi pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48-56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Siska. 2021. Pengembangan Media Video berbasis animasi dalam pembelajaran tematik untuk kelas III Di SDN pekan baru.. Universitas .islam riau.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish

Suprihatiningrum, dkk. 2013. Jurnal Pendidikan IPA. Vol. 2. No.2.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Wibawanto, W., & Ds, S. S. M. (2017). Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Cerdas Ulet Kreatif Publisher.

Widodo, dkk. (2009) “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi Problem-Based Instruction” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 3. No. 1.

Yusri Muhammad, Ali, David Sukarti Kodrat. (2017) “Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis Pada Perusahaan Mitra Jaya Abadi”. PERFORMA; Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol 2, No 1

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.

Article Metrics
Abstract views: 411
PDF downloads: 333
Published
2023-11-23
How to Cite
Kasmini, L. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN IPA. Visipena, 14(2), 68-84. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i2.2340
Section
Articles