PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BILINGUAL PADA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS 7 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

  • Aprian Subhananto STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Basis Bilingual, Materi Persegi dan Persegi Panjang

Abstract

Berawal dari beberapa keluhan guru dan siswa yang mengalami hambatan dan kesulitan saat pembelajaran di rintisan sekolah berbasis bilingual terutama pada penggunaan bahasa asing (bahasa Inggris) dalam pembelajaran matematika yang unik kemudian dilakukan penelitian mengembangkan bahan ajar berbasis bilingual pada materi persegi dan persegi panjang kelas 7 semester 2. Subyek penelitian adalah ahli pembuatan bahan ajar berbasis bilingual di bidang matematika, Ahli bahasa asing (bahasa Inggris) dalam pembelajaran matematika, Guru matematika yang telah berpengalaman atau ahli di bidang materi matematika di rintisan sekolah berbasis internasional, Siswa kelas 7C SMP Negeri 5 Semarang pada semester 2 tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan dengan cara analisis kurikulum, penetapan judul bahan ajar yang akan disusun, analisis sumber belajar, penyusunan bahan ajar, dan validasi, revisi, dan finalisasi (pembuatan laporan kelayakan) bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar layak digunakan oleh khalayak umum. Hal ini terlihat pada perolehan presentase angket oleh tim ahli didapatkan presentase 86%, perolehan presentase uji bahan ajar berupa cloze test secara klasikal kelas 86%, perolehan KKM siswa yang di atas KKM yang ditetapkan SMP Negeri 5 Semarang, perolehan presentase angket oleh siswa secara klasikal kelas yang mencapai 86% sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar layak digunakan dan dapat dipertanggungjawabkan kepada khalayak umum. Adapun saran yang dapat disampaikan kepada pembaca yang berminat terhadap pengembangan bahan ajar adalah perlu diperhatikan analisis terhadap kurikulum dan materi yang diperlukan siswa guna memenuhi kebutuhan mereka yang sesuai dengan karakteristik pembelajarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Sofan dan Lif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik perkenalan awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Directorate of Junior High School Development. 2009. Student Book Mathematic. Jakarta: Directorate General Management of Primary and Secondary Education.

Elfis, 2006. Materi Bahan Ajar Materi Mata Kuliah Telaah Buku Teks. FKIP UIR: Pekanbaru.

Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Santyasa, I Wayan. 2009. Metode Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. www.freewebs.com/santyasa/pdf2/METODE_PENELITIAN.pdf, diakses pada 15 desember 2010.

Article Metrics
Abstract views: 283
PDF downloads: 333
Published
2015-06-30
How to Cite
Aprian Subhananto. (2015). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS BILINGUAL PADA MATERI PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG KELAS 7 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Visipena, 6(1), 34-50. https://doi.org/10.46244/visipena.v6i1.353
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)