PENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK MELALUI GERAK DAN LAGU PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CUT MUTIA BANDA ACEH

  • Elvinar STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Nurbaiti STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kemampuan Motorik, Gerak dan Lagu

Abstract

Penelitan ini berjudul: Peningkatan kemampuan motorik anak melalui gerak dan lagu pada anak usia 4-5 tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan motorik anak usia 4-5 tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik anak usia 4-5 tahun melalui gerak dan lagu pada anak usia 4-5 tahun di TK Cut Mutia Banda Aceh Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian siswa adalah kelompok A sebanyak 10 orang murid di TK Cut Mutia Banda Aceh yang belajar pada kelompok A terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan pada tahun pelajaran 2014-2015. Instrumen digunakan berupa lembaran observasi, dan lembaran wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuanitatif dengan analisis data menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui gerak dan lagu sebagai media atau metode pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik anak di kelompok A TK Cut Mutia Banda Aceh. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi perubahan kemampuan motorik anak setelah proses pembelajaran melalui gerak dan lagu. Perubahan tersebut diperlihatkan berdasarkan hasil siklus I pertemuan ke tiga anak yang mengalami ketuntasan belajar adalah 32% terjadi peningkatan pada hasil siklus II pada pertemuan ketiga 74%. Dengan demikian melalui gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan motorik anak di kelompok A Cut Mutia Banda Aceh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman. 2009. Sertifikasi Guru, Panitia Rayon 114, 2011. Materi III Pengembangan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Surabaya: UNESA

Annonimous. 2010. Pemanfaatan-barang-bekas-sebagai-alat.html. Dengan beberapa perubahan dan pengeditan. Diunduh pada Kamis, 14 Maret 2014, pukul 17.28 WIB

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Jakarta: Rineca Cipta.

----------------------. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Jakarta: Rineca Cipta.

Campbell Don. 2002. Efek Mozart Bagi Anak-Anak Meningkatkan Daya Pikir, Kesehaan, dan Kreativitas Anak Melalui Musik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Depdiknas. 2004. Pembinaan Kepribadian Anak TK Berbasis Pendidikan Multikultural dan Pelaksanaan Bidang Pengembangan Pembiasaan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djohan. 2005. Psikologi Musik. Yoyakarta: Buku Baik.

Hibana. 2006. Konsep Dasar Pendidkan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Munandar, Utami. 2004. Kreativitas dan Keberbakatan. Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nuralam. 2008. Penelitian Pendidikan Matematika, Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniriy.

Nursisto. 1999. Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Ditjen Olahraga Depdiknas.

Sachari, Agus. 2006. Seni Rupa dan Desain untuk SMA Kelas X. Erlangga: Bandung.

Slameto. 2005. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Bumi Aksara.

Sujiono. 2005 Pengantar Psikologi Umum. (Edisi Revisi Cetakan ke-5). Yogyakarta: Andi Offset.

Soetyobudi, dkk. 2006. Keterampilan Keterampilan Proses, Jakarta:Gramedia.

UU RI. Nomor. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Tanti Yuniar, (1997) Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Agung Media aulia.

Article Metrics
Abstract views: 184
PDF downloads: 926
Published
2017-06-30
How to Cite
Elvinar, & Nurbaiti. (2017). PENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK MELALUI GERAK DAN LAGU PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK CUT MUTIA BANDA ACEH. Visipena, 8(1), 108-123. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i1.381
Section
Articles