PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM PEMANFAATAN SISTEM ICT TINGKAT SEKOLAH DASAR SE-KOTA BANDA ACEH

  • Irfandi STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Hazal Fitri STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Development, Management, Evaluation, ICT System

Abstract

The general purpose of this research is to design the development of a suitable learning evaluation management model in the utilization of ICT system at elementary school level in Banda Aceh City, to develop a model of evaluation evaluation management such as what is suitable in the utilization of ICT system of elementary school level Se- City of Banda Aceh. The method used in this research is research development (research and development version of Borg and Gall, 1983). The expected benefit in this study is that all teachers who teach at elementary level can use / utilize ICT system in learning process, this is for improvement of education quality at that level.

 

Abstrak

Adapun yang menjadi tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mendesain pengembangan model manajemen evaluasi pembelajaran yang cocok dalam pemanfaatan sistem ICT tingkat Sekolah Dasar Se- Kota Banda Aceh, mengembangkan sosok model manajemen evaluasi pembelajaran seperti apakah yang cocok dalam pemanfaatan sistem ICT tingkat Sekolah Dasar Se- Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development versi Borg and Gall, 1983). Manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini dimana semua guru yang mengajar pada jenjang sekolah dasar dapat menggunakan/memanfaatkan system ICT dalam proses pembelajaran, hal ini demi peningkatan kualitas pendidikan pada jenjang tersebut.

Kata Kunci: Pengembangan, Manajemen, Evaluasi, dan Sistem ICT

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darjanto. 2007. Perencanaan Pengajaran Jenjang Sekolah Dasar. PT. Inna Publikatama. Jakarta.

Hamalik. 2008. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Bumi Akasara. Jakarta.

Harjanto. 2010. Perencanaan Pengajaran. PT. Rieneka Cipta. Jakarta.

Moleong, Lecxy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Mulyana. (2008). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murniati, AR. 2008. Manajemen Stratejik. Cita Pustaka Media Perintis. Bandung.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta:

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rianto, Yatim dalam Muhaimin. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Prenada Media. Jakarta.

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sa’ud, Udin Syaefudin. 2009. Inovasi Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Simarmata. 2007. Manajemen Pembelajaran Jenjang Sekolah Dasar. Media Grafika. Surabaya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta. Bandung.

Suryosubroto. 2010. Manajemen Pendidikan Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta.

Suwardi. 2007. Manajemen Pembelajaran. Media Grafika. Surabaya.

Usman, Nasir. 2012. Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru (Konsep, Teori, dan Model). Citapustaka Media Perintis. Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Standar Pendidikan Nasional. Jakarta.

Uno, B Hamzah dan Nina Lamatenggo. 2010. Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Bumi Akasara. Jakarta.

Yamin, Martinis dan Maisah. 2009. Manajemen Pembelajaran Kelas (Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran). Gaung Persada. Jakarta.

Article Metrics
Abstract views: 161
PDF downloads: 539
Published
2018-06-30
How to Cite
Irfandi, & Hazal Fitri. (2018). PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM PEMANFAATAN SISTEM ICT TINGKAT SEKOLAH DASAR SE-KOTA BANDA ACEH. Visipena, 9(1), 81-93. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.432
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>