MAKNA KONTEKSTUAL BAHASA IKLAN ROKOK DI TELEVISI

  • Isthifa Kemal STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Iklan, Televisi, Iklan televisi

Abstract

Iklan merupakan suatu proses komunikasi yang bertujuan membujuk orang untuk mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan. Iklan biasanya disampaikan dalam bentuk media, seperti televisi, radio, maupun dalam bentuk poster.
Penelitian ini mengangkat masalah, (1) teks iklan rokok apa sajakah yang memiliki makna kontekstual, (2) makna apa sajakah yang terkandung dalam teks iklan rokok tersebut, (3) bagaimanakah pengaruhnya terhadap masyarakat dari tayangan iklan tersebut.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) menemukan teks iklan rokok yang memiliki makna kontekstual, (2) menjelaskan makna yang terkandung dalam teks iklan rokok, (3) mendeskripsikan pengaruh terhadap masyarakat dari tayangan iklan rokok tersebut.
Pendekatan yang dilakukan lebih mengacu pada makna kontekstual dalam semantik menurut Firth. Menurut pandangan ini, bahwa tiap tutur harus di kaji dalam konteks situasinya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualtitatif yang berisi pemaparan secara padat.
Melalui penelitian ini ditemukan hal-hal dengan rumusan masalah, pertama, berdasarkan 20 data iklan rokok yang di peroleh, semuanya memiliki makna kontekstual. Kedua, makna kontekstual yang terkandung dalam iklan teks rokok pada intinya sama, yaitu memperkenalkan produk dan mempengaruhi penonton untuk mengonsumsinya. Ketiga, tayangan ikla rokok di televisi, tidak berpengaruh bagi konsumen rokok untuk berhenti atau mengkonsumsinya.
Keunikan bahasa iklan rokok dalam setiap slogannya memberikan daya tarik tersendiri bagi para penggunaan rokok ataupun konsumen, sehingga mereka seolah berlomba-lomba menghisapnya, mulai dari kalangan muda sampai tua, baik laki-laki ataupun perempuan. Jika ini dibiarkan, generasi bangsa ini sebagai generasi penerus rokok. Oleh karena itu, perlu adanya himbauan dari pemerintah tentang bahaya merokok atau adanya kesadaran dari setp individu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah, A. Chaedar.2003.Pokoknya Kualitatif.Jakarta:Pustaka Jaya

Aminuddin, Drs. M.Pd.2003.Semantik, Pengantar Studi Tentang Makna.Bandung:Sinar Baru Algensindo

Charlie, L.1999.Bahasa Indonesia di Iklan TV:Bahasa Indonesia yang Baik dan Gimana Gitu.Jakarta:Gramedia

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.2002.Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka

Hadiwidjoyo, P.1993.Kata dan Makna.Bandung:Angkasa

Parera, J. D.2004.Teori Semantik.Jakarta:Erlangga

Tarigan, H. G. 1986. Pengajaran Semantik.Bandung: Angkasa

Article Metrics
Abstract views: 2166
PDF downloads: 3078
Published
2013-06-30
How to Cite
Isthifa Kemal. (2013). MAKNA KONTEKSTUAL BAHASA IKLAN ROKOK DI TELEVISI. Visipena, 4(1), 1-20. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i1.90
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>