PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI SMP
Abstract
Learning to use the assisted PBL model Geogebra software can be used by teachers in learning as well as full of the requirements of 2013. However, the availability of Problem Based Learning software-assisted tools Geogebra software for system of two-variable linear equations material because the teacher has never been implemented. learning as expected. So it is necessary to develop a learning tool Problem Based Learning Software Geogebra assisted for system of two-variable linear equations material material. This research is intended to produce a mathematics learning tool with Geogebra assisted Problem Based Learning model that is valid, practical and effective. The research development model in this research is the development model of Plomp (2013) which consists of three stages, namely (1) initial investigation phase, (2) phase. The experimental subjects in this study were students of grade VIII MTsN Model Banda Aceh. Data completion method is done through expert validation sheet, learning result test, and student obsevation sheet. Validation results by available experts. Practical criteria are met based on the observer's assessment of the implementation of the learning has a good category and the average student activity shows very good criteria. The effectiveness criteria are met based on the results of group work on student worksheet, and the value of student learning outcomes is above the minimal completeness criteria. This study produced a product in the form of a learning device material for two-variable linear equation systems assisted by geogebra software for students of class VIII MTsN that are valid and practical and effective.
Abstrak
Pembelajaran berbasis pemecahan masalah dengan bantuan teknologi informasi sangat ditekankan dalam Kurikulum 2013. Pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Software geogebra dapat digunakan guru dalam pembelajaran serta memenuhi syarat kurikulum 2013. Namun, belum tersedianya perangkat pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Software geogebra untuk materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel menyebabkan guru belum melaksanakan pembelajaran seperti yang diharapkan. Maka perlu dikembangkan sebuah perangkat pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Software Geogebra untuk materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Geogebra yang valid, praktis dan efektif. Model penelitian pengembangan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Plomp (2013) yang terdiri atas tiga fase, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase rancangan, dan (3) fase penilaian. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Metode pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi ahli, tes hasil belajar, dan lembar obsevasi siswa. Hasil validasi oleh ahli diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid. Kriteria kepraktisan terpenuhi berdasarkan hasil penilaian pengamat terhadap keterlaksanaan pembelajaran memiliki kategori baik dan rata-rata aktivitas siswa menunjukkan kriteria sangat baik. Kriteria kefektifan terpenuhi berdasarkan nilai hasil kerja kelompok` pada Lembar Kerja Peserta Didik, dan nilai tes hasil belajar siswa berada di atas Kriteria Ketutasan Minimal. Penelitian ini menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran materi sistem persamaan linear dua variabel yang berbantuan software geogebra untuk siswa MTsN kelas VIII yang valid dan praktis dan efektif.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Software Geogebra
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Cetakan ke-15. Jakarta: Rajawali Pers.
Bakker, A. (2004). Design Research in Statistics Education on Symbolizing and Computer Tools. Utrech: Utrech University
Bell, T. H. (1981). Foliation development the contribution, geometry and significance of progressive, bulk, inhomogeneous shortening. Tectonophysics, 75(3-4), 273-296.
Diyah, A.R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo kelas x Pada Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory phisyc Course. American Journal of physics. Nomor I, Vol. 66,januari 1998
Hmelo, C. E., & Silver. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn?. Educational Psychology Review. 16(3). The State University of New Jersey
Iswadi, H. (2011). Pengenalan Geogebra. http://repository.ubaya.ac.id/187/1/hazrul_Pengenalan%20Geogebra_2011.pdf,
Kemendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum 2013, SMA Matematika. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2014). Implementasi Kurikulum 2013, SMA Matematika. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Munif, A. (2013). Pembuatan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Menggunakan Authorings Tools Course Lab. Malang: Widyaiswara muda
Mufidah, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah yang Memperhatikan Metakognisi Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV. Disertasi. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Munir, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Materi Program Linear Kelas XII. Unnes Journal of Research Mathematics Education.
Hohenwarter, M. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Matgematics Software GeoGebra, (http://www. publications.uni.lu/record/2718/files/ICME11-TSG16. ),
Ploom, T., Nieveen, N. (2010). An instruction to Education Design Research. The east Normal University: Shanghai.
Putrawan, A. A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.3 No.1.
Ratnasari, D.A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear. Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Saputri, H.D., & Hartono, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berbasis Masalah Untuk Kelas VIII SMP (Doctoral dissertation, UNY).
Savery, J. R., & Duffy. M. T. (2001). Problem Based Learning: An Instructional Model and Its Constructivist Framework. CRLT Technical Report No. 16(1). Indiana University
Sholikhakh. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Beracuan Konstruktivisme dalam Kemasan CD Interaktif Kelas VIII Materi Geometri dan Pengukuran. Vol.1 No.1. Universitas Negeri semarang.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tati., Zulkardi., & Hartono, Y. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstektual Pokok Bahasan Turunan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Jurnal Pedidikan Matematika. Vol.3, No.1.
Widowati, D. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbentuk LKS dengan Pendekatan PMRI untuk Siswa Kelas VIII Semester 1 (Doctoral dissertation, UNY).
William, S.,& Shelagh. G. (1993). Problem Based Learning: As authentic as it gets. Educational Leadership. Vol.50 No.7.
pdf downloads: 801