PEMAHAMAN KONSEPTUL TENTANG FUNGSI PADA MAHASISWA

  • Asep Nurangaji Universitas Tanjungpura
  • Dona Fitriawan Universitas Tanjungpura
  • Rustam Rustam Universitas Tanjungpura
Keywords: Pemahaman, Konseptual, Fungsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pemahaman konseptual mahasiswa tentang fungsi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif berbentuk survey. Penelitian ini dilaksanakan di Untan dengan subyeknya adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika dengan jumah 33 mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif berbentuk survey. Teknik pengumpulan datanya adalah teknik pengukuran dengan alat pengumpulan data adalah tes tertulis berbentuk uraian, tes ini digunakan untuk mengukur pemahaman konseptual mahasiswa tentang fungsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konseptual mahasiswa tentang fungsi dilihat dari kemampuan menyatakan ulang definisi fungsi reratanya tidak ada, kemampuan menyajikan fungsi dari representasi tabel menjadi rumus fungsi reratanya 18 mahasiswa, sedangkan kemampuan menyatakan grafik fungsi menjadi rumus fungsi reratanya satu mahasiswa dan kemampuan memberikan alasan terkait konsep fungsi reratanya 13 mahasiswa. Dari paparan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pemahaman konseptual tentang fungsi dari mahasiswa dilihat per indikator adalah sebagai berikut. 1) kemampuan menyatakan ulang definisi fungsi meskipun tidak ada satupun mahasiswa yang memilikinya, tetapi potensi kemampuan itu ada dengan munculnya definisi fungsi sebagai aturan, himpunan atau sebagai relasi; 2) kemampuan untuk memberikan alasan, sebagian besar mahasiswa sudah memilikinya yaitu alasan mengapa rumus dikatakan rumus fungsi ada 18 mahasiswa dan 28 mahasiswa, secara keseuruhan kemampuan pemahaman konseptual memberikan alasan terkait konsep fungsi dimiliki oleh rerata 13 mahasiswa; 3) kemampuan menyatakan fungsi dalam berbagai representasi.

References

Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assesment In Distance Learning In Emergencies Spread Of Coronavirus Disease (COVID-19). Jurnal Pedagogik, 07(01), 195–222.

Armanza, R., & Asyhar, B. (2020). Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Berdasarkan Tipe Kepribadian. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 163–176. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.163-176.

Bardini, C., Pierce, R., Vincent, J., & King, D. (2014). Undergraduate mathematics students’ understanding of the concept of function. Journal on Mathematics Education, 5(2), 85–107. https://doi.org/10.22342/jme.5.2.1495.85-107

Bell, F. H. (1978). Teaching And Learning Mathematics. USA. Wn C Brown Publisher.

Clement, J. (1989). The Concept of Variation and Misconceptions in Cartesian Graping. Focus on Learning Problems in Mathematics, 11(1–2), 77–87.

Dede, Y., & Soybaş, D. (2011). Preservice mathematics teachers’ experiences about function and equation concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 7(2), 89–102. https://doi.org/10.12973/ejmste/75183.

Kurniawan, A. (2021). https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-matematika/.

Mulyono, B., Kusumah, Y. S., & Rosjanuardi, R. (2018). Cara Identifikasi Pengetahuan Prosedural Dan Pemahaman Konseptual Mahasiswa Terhadap Materi Limit. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 73–82. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6706.73-82.

NCTM. (2019). Chapter 1 Teaching Mathematics in the 21st Century. Principles and Standards for School Mathematics, 1908, 2–6.

Pilten, P. (2010). Evaluation of mathematical powers of 5th grade primary school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2975–2979. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.450.

Plisa, N., Hudiono, B., & Astuti, D. (2010). Pemahaman Konseptual Siswa Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Materi Aljabar di SMP. 1, 1–12.

Prahesti, F. Y. (2014). Analisis Pemahaman Konseptual dan Prosedural Beradasarkan Kemampuan Matematika. Proceedings of the 8th Biennial Conference of the International Academy of Commercial and Consumer Law, 1(hal 140), 43. http://www.springer.com/series/15440%0Apapers://ae99785b-2213-416d-aa7e-3a12880cc9b9/Paper/p18311.

Seliwati. (1981). Kesulitan Memahami Konseptual Dan Prosedural Kesetimbangan Kimia Pada Siswa SMA Di Kota Palangka Raya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sopia, N., Sugiatno, S., & Hartoyo, A. (2019). Pengembangan Pemahaman Konseptual Dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving Di Sma. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.405

Article Metrics
Abstract views: 2141
PDF downloads: 531
Published
2021-09-29
How to Cite
Nurangaji, A., Fitriawan, D., & Rustam, R. (2021). PEMAHAMAN KONSEPTUL TENTANG FUNGSI PADA MAHASISWA. Numeracy, 8(2), 90-101. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1515
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)