PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MATERI TRIGONOMETRI SUDUT ISTIMEWA DENGAN GEOGEBRA DI SMA

  • Kurniadi Pajarudin Universitas Tanjungpura
  • Sugiatno Sugiatno Universitas Tanjungpura
  • Rustam Rustam Universitas Tanjungpura
  • Mohamad Rif’at Universitas Tanjungpura
  • Nurfadilah Siregar ryupajar@gmail.com
Keywords: Pedagogical Content Knowledge, Sudut Istimewa, GeoGebra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan Konten Pedagogis (PCK) calon guru, karena memainkan peran penting dalam pengajaran dan pemahaman siswa yang efektif. Program pelatihan guru harus fokus pada pengembangan PCK untuk memastikan bahwa guru memiliki dasar yang kuat dalam pengetahuan konten dan strategi pedagogi. Pemanfaatan teknologi seperti GeoGebra sebagai alat pembelajaran dapat sangat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Oleh karena itu, disarankan untuk memasukkan alat pembelajaran berbasis teknologi ke dalam kelas matematika untuk mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman yang lebih dalam di kalangan siswa. Penelitian ini merupakan studi kasus pada siswa di SMA. Penelitian ini diperoleh dari calon guru PCK dan sepuluh siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Teluk Keramat berdasarkan hasil wawancara dan lembar angket. Menerapkan rekomendasi ini dapat berkontribusi untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa dalam trigonometri dan konsep matematika lainnya.


Abstract
This research in order to enhance the Pedagogical Content Knowledge (PCK) of prospective teachers, as it plays a crucial role in effective teaching and student understanding. Teacher training programs should focus on developing PCK to ensure that teachers have a strong foundation in both content knowledge and pedagogical strategies. The use of technology, such as GeoGebra, as a learning tool can greatly enhance students' understanding of mathematical concepts. Therefore, it is recommended to incorporate technology-based learning tools into mathematics classrooms to promote active engagement and deeper understanding among students. This research is a case study of high school students. This research were obtained from the PCK prospective teachers and ten students of class XI MIPA 1 SMAN 1 Teluk Keramat based on the results of interviews and questionnaire sheets. Implementing these recommendations can contribute to enhancing students' understanding and achievement in trigonometry and other mathematical concepts.

References

Ariani, D. R. (2019). Analisis Kelayakan Nasabah Dalam Pemberian Pembiayaan Musyarakah Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Study Kasus di BMT Sahara Kauman Tulungagung). http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/10522

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Asmiati, T., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Di SMP. Numeracy, 7(1), 109–122. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1036

Cevikbas, M., & Kaiser, G. (2020). Flipped classroom as a reform-oriented approach to teaching mathematics. ZDM - Mathematics Education, 52(7), 1291–1305. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01191-5

Darojah, D. M. (2017). Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Matematika. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/4118

Hadi, M. S., Fattah, A. H., & Rizta, A. (2018). Penggunaan Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Program Linier. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 65–74. https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2236

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Raja Grafindo Persada.

Lewin, K., & Lewin, G. W. (1948). Resolving Social Conflicts; Selected Papers on Group Dynamics. https://ia902905.us.archive.org/15/items/in.ernet.dli.2015.197012/2015.197012.Resolving-Social-Conflicts_text.pdf

Mardalis. (2008). Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Sinar Grafika.

Maryono, M. (2016). Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Kemampuan Akademiknya. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.1-16

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x

Purwianingsih, W., Rustaman, N. Y., & Redjeki, S. (2010). Pengetahuan Konten Pedagogi (PCK) Dan Urgensinya Dalam Pendidikan Guru. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(2). https://doi.org/https://doi.org/10.18269/jpmipa.v15i2.35997

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya. http://repository.uin-malang.ac.id/1104/1/Studi-kasus-dalam-penelitian-kualitatif.pdf

Rahman, M. H. A., & Puteh, M. (2016). Learning trigonometry using geogebra learning module: Are under achieve pupils motivated? AIP Conference Proceedings, 1750. https://doi.org/10.1063/1.4954586

Shulman, L. S. (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15(2), 4. https://doi.org/10.2307/1175860

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Article Metrics
Abstract views: 29
PDF downloads: 10
Published
2024-10-29
How to Cite
Pajarudin, K., Sugiatno, S., Rustam, R., Rif’at, M., & Siregar, N. (2024). PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MATERI TRIGONOMETRI SUDUT ISTIMEWA DENGAN GEOGEBRA DI SMA. Numeracy, 11(2), 170-183. https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i2.2859
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)