DESAIN PEMBELAJARAN SUDUT PADA BANGUN RUANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DI KELAS X

  • Yulianita SMA Negeri 15 Palembang
  • Somakim Universitas Sriwijaya
  • Ely Susanti Universitas Sriwijaya
  • Ely Susanti Universitas Sriwijaya
Keywords: Design Research, PMRI. Sudut Pada Bangun ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  menghasilkan  lintasan  belajar  yang dapat membantu  siswa memahami  materi bentuk sudut  pada  bangun  ruang  dengan menggunakan PMRI di kelas X. Design research dipilih sebagai jenis penelitian untuk mencapai tujuan  tersebut. Dalam  penelitian  ini, serangkaian aktivitas pembelajaran didesain dan dikembangkan berdasarkan  hipotesis proses  pembelajaran  siswa. Pendekatan  pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan PMRI  dengan  melibatkan  40 orang siswa kelas X SMA Negeri 15 Palembang. Penelitian ini menghasilkan Learning Trajectory  (LT) yang memuat serangkaian proses pembelajaran dalam 2 aktivitas yaitu memahami cara menentukan sudut dari dua garis yang bersilangan  dan  cara menentukan  sudut antara garis dan bidang dalam bangun ruang. Hasil dari  percobaan  pembelajaran  menunjuk bahwa dengan pendekatan PMRI dapat  menentukan  konsep sudut pada bangun  ruang Dengan adanya lintasan belajar mulai dari pembuatan bangun ruang dengan pipet plastik sampai dengan penentuan sudut pada bangun ruang  dengan dua garis dan  antara garis dan bidang dapat membantu pemahaman, penalaran siswa untuk materi sudut pada bangun ruang.

References

Abdussakir. (2011). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. Jurnal Kependidikan dan Keagamaan, Vol VII, No 2/Januari 2010. Malang:Universitas Islam Maliki (online) Tersedia: http://abdussakir.wordpress.com/2011/02/09/pembelajaran-geometri-sesuai- teori-van-hiele-lengkap/ diakses tanggal 17 Januari 2014.

Akker,et al (2006). Education Design Research. London: Routledge Taylor and Francis Group .

Bakker, A. (2004). Design Research in Statistic Education on Symbolizing and Computer tools. Amersfoort: Wilco Press.

Bastiani, Maria IR & Rudhito, M.Andy. (2012). Pemahaman Program Cabri 3D untuk Membantu Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Menentukan Besar Sudut Antar Dua Garis dalam Ruang Dimensi tiga.Dalam Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Yogyakarta, tanggal 2 Juni 2012, Universitas Negeri Yogyakarta.

Budiarto, MT (2000). Pembelajaran Geometri dan Berpikir Geometri. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya

Bustang, Zulkardi, Darmowijoyo, dolk, M. & Van Eerde, D. (2013). Developing a Local Instruction Theory for learning the Concept of Angle Through Visual Field Activites and Spatial Representation. International Education Studies ,Vol.6, No 8: 58-70. Canada: Canadian Centre of Science and Education.

De Lange, J, (1987). Mathematics Insight and Meaning, Utrecht; OW & OC

Gravenmeijer, K & Cobb,P. (2006). Design Research From A Learning Design Perspective. Educational Design Research 17 – 55.

Krismanto, Al. dkk ( 2008) Pembelajaran Sudut dan Jarak Dalam Ruang Dimensi Tiga Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yogyakarta Depdiknas P4TK Matemtaika.

Owens, Key. (2010). Papua New Guinea Indigenous Knowledge abaout Mathematical Concept. Journal of Mathematic & Culture In ICEM 4 Focus Issue. Januari 2010, pp. 20-50.

Ozerem, Aysen (2012).Misconceptions in Geometry and Suggested Solutions for Seventh Grade Students. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education – 2012, volume 1, issue 4.

Sarjiman. (2006). Peningkatan Pemahaman Rumus Geometri Melalui Pendekatan Realistic di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan Febuari 2006, Th XXV, No I.

Sembiring , Robert K. (2010). Pendidikan Matematika Realistic Indonesia (PMRI): Perkembangan dan Tantangannya, dalam Jurnal IndoMS. JME, vol I no I Juli 2010, pp. 11-16.

Soedjadi, R. (2007). Inti Dasar-dasar Pendidikan Matematika Realistik IndonesiaJurnal Pendidikan Matematika, Vol I, No. 2, Juli 2007, hlm 1 – 10 Palembang Universitas Sriwijaya.

Syaifudin. (2009). Pembelajaran Matematika Realistic untuk Meneingkatkan Kemampuan Generalisasi Siswa Tentang Geometri Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Palembang. PPs Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya. (Tesis tidak dipublikasikan).

Treffers, A. (1987). Realistic Mathematics Education in Netherlands 1980 – 1990 In L Streefland (Ed), Utrecht: CD-B Press/ Freudenthal Institute.

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Enviroment on Realistic Mathematics
Education for Indonesian Student Teachers. Doctoral thesis of Twente University. Enschede: Twente University.

Zulkardi & Ilma, R, (2010). Pengembangan Blog Support Untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) tersedia di http://eprints.unsri.ac.id/5401. Diakses 17 Januari 2014.
Article Metrics
Abstract views: 400
pdf downloads: 507
Published
2016-04-30
How to Cite
Yulianita, Somakim, Susanti, E., & Susanti, E. (2016). DESAIN PEMBELAJARAN SUDUT PADA BANGUN RUANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DI KELAS X. Numeracy, 3(1), 1-16. https://doi.org/10.46244/numeracy.v3i1.191
Section
Articles