KORELASI KEDISIPLINAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI 19 BANDA ACEH

  • Binti Asrah STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Rita Novita STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Fitriati STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kedisiplinan belajar, prestasi belajar, matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kedisiplinan belajar di rumah dengan prestasi belajar Matematika siswa SD Negeri 19 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV, V dan VI SDN 19 Banda Aceh sebanyak 65 orang. Keseluruhan populasi dijadikan sampel penelitian sehingga penelitian ini menjadi penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi nilai raport. Untuk menentukan besarnya hubungan antara variabel X dengan variabel Y, penulis menggunakan rumus korelasi product moment. Koefisien korelasi (r) yang diperoleh di uji keberartiannya dengan menggunakan uji statistik t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kedisiplinan belajar di rumah dengan prestasi belajar Matematika siswa kelas tinggi SD Negeri 19 Banda Aceh, hasil ini dibuktikan dengan nilai korelasi (r) sebanyak 0,692.Nilai korelasi juga di uji dengan statistik pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk 53-2 = 51maka dari daftar distribusi t didapat 1,67. Berartithitung ≥ ttabel (51), yaitu 6,82 ≥ 1,67 yang berarti Ha diterima pada taraf signifikan 5% dan dk 51, dapat disimpulkan bahwa terdapat terdapat korelasi kedisiplinan belajar di rumah dengan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri 19 Banda Aceh.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djiwandono, S. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Fudayanto, Ki RBS. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Global.

Kartini Kartono. 2009. Perkembangan Psikologi Anak. Jakarta: Erlangga.

Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prasti, H.F.D. 2015. Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Siswa pada Saat Layanan Pembelajaran di Kelas II SMU Negeri 1

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati. 2005. Dampak Kepemimpinan, dan Lingkungan. Kerja, Terhadap Semangat Kerja. Jurnal JRBI. Vol 1 No 1. Halaman 31-47.

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Article Metrics
Abstract views: 510
pdf downloads: 671
Published
2016-10-31
How to Cite
Asrah, B., Novita, R., & Fitriati. (2016). KORELASI KEDISIPLINAN BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD NEGERI 19 BANDA ACEH. Numeracy, 3(2), 44-51. https://doi.org/10.46244/numeracy.v3i2.208
Section
Articles