PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH VERSUS KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA

  • Fitriati STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kemampuan memecahkan masalah, metode kooperatif tipe jigsaw, pembelajaran berbasis masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan memecahkan masalah siswa setelah diajarkan dengan kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada pokok bahasan aritmatika sosial. Jenis penelitian ini adalah quasi- eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Putri Betung. Sampel terdiri dari 68 orang yaitu siswa kelas VII-8 sebagai kelas kooperatif tipe jigsaw dan siswa kelas VII-9 sebagai kelas pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan jumlah siswa masing-masing berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah valid dengan reliabilitas tinggi yaitu 0,710 dengan jumlah soal sebanyak 5 butir. Nilai rata-rata hasil pretes pada kelas Jigsaw 22,06 dan nilai rata-rata hasil pretes kelas PBM 19,32. Dari uji hipotesis data pretes kedua sampel diperoleh thitung = 1,087 < ttabel = 1,669, artinya H0 diterima sehingga tidak ada perbedaan kemampuan awal pada kedua kelas. Nilai rata-rata hasil postes pada kelas Jigsaw 30,12 dan nilai rata-rata hasil postes kelas PBM 25,24. Dan uji hipotesis data postes kedua sampel diperoleh –ttabel (-1,669) < thitung (1,821) < ttabel (1,669), artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada kedua kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kemamapuan pemecahkan masalah siswa yang diajar dengan menggunakan kooperatif tipe jigsaw dan pembelajaran berbasis masalah (PMB) pada pokok bahasan aritmatika sosial.

References

Abdurrahman, ( 2003), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta

Arikunto, (2009), Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta

Hudojo, (1988), Mengajar Belajar Matematika, Penerbit Depdiknas Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembangunan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Jakarta. Hal 3

Isjoni, (2009), Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antara Peserta Didik, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Krismanto, A., (2003), Beberapa Tehnik, Model, Strategi Dalam Pembelajaran Matematika, DEPDIKNAS, Yogyakarta.

Mudjiono (2002), Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Nurhadi (2004), Kurikulum 2004, Pertanyaan dan Jawaban, UM Press, Malang Nasution, S., (1982), Berbagi Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.
Remaja Rosda Karya. Bandung Slameto, (1987), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Poerwardarminta (1996), Kamus Bahasa Indonesia. Cipta Media. Surabaya,

Rusman, (2010), Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Sudijono (2009), Mengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pres. Jakarta.

Suharyanto (http://smu-net.com.2008)

Tim Dosen PPD (2009), Perkembangan Peserta Didik. UNIMED. Medan

Tim SBM, (2009), Strategi Belajar Mengajar. UNIMED. Medan,

Trianto, (2007), Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme, Prestasi Pustaka, Jakarta
Article Metrics
Abstract views: 78
pdf downloads: 57
Published
2014-04-30
How to Cite
Fitriati. (2014). PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH VERSUS KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA. Numeracy, 1(1), 33-40. https://doi.org/10.46244/numeracy.v1i1.92
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)