MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA

  • Junaidi Universitas Jabal Ghafur
  • Taufiq Universitas Jabal Ghafur
Keywords: IMPROVE, Kemampuan Reflektif, Konvensional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan reflektif matematis siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan model pembelajaran IMPROVE. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 2 di SMA Negeri 1 Geumpang. Soal essay tentang materi sistem persamaan linear tiga variabel digunakan sebagai materi pendukung penelitian. Peneliti menggunakan penelitian eksperimen untuk merancang soal Pretest-Posttest Control Group Design. Uji normalitas dan homogenitas data dengan taraf signifikansi 5% secara statistik digunakan untuk memverifikasi data. Dari hasil analisis data diketahui rata-rata n-gain kelas eksperimen untuk meningkatkan kemampuan reflektif matematis siswa adalah 74,44 dan n-gain kelas kontrol adalah sebanyak 68,07, sehingga dapat disimpulkan kemampuan reflektif matematis siswa yang diajarkan melalui metode IMPROVE dapat meningkat dibandingkan dengan  pembelajaran konvensional. Penelitian ini dapat merekomendasikan penggunaan pembelajaran IMPROVE sebagai metode pembelajaran yang dapat digunakan di kelas. 

 

References

Bansu Irianto Ansari, Taufiq. (2020). Pengembangan dan Hambatan Siswa dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika melalui Metode Improve. 7 (2).

Khamilla Andina Sari, Herman Lusa, Syahril Yusuf. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Strategi Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa SDN Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (10), 99-106.

Liberna, Hawa. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Dua Variabel. Jurnal Formatif Matematika, 2(3), Hlm. 190-197.

Rahmat Eko Sanjaya, Syahmani, Bambang Suharto. (2014). Penggunaan Metode Improve Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam memecahkan Masalah Pada Materi Larutan Penyangga, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5 (1), 57-68.

Rizki Amalia, Muhammad Zaki, Tria Sabella Agustin (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Mahasiswa Melalui Bahan Ajar Berbasis Proyek Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Dimensi Matematika, 3 (1), 172 - 181.

Septiani, teti.(2018). Upaya Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa menggunakan Model Pembelajaran Improve. Journal of Mathematics Education, 4 (1).

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sumarmo. (2015). Mathematical Problem Possing: Rasional, Pengertian, Pembelajaran dan Pengukurannya. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung.

Yola Ariestyan, Sunardi, Dian Kurniati. (2016). Proses Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Kadikma,7(1), hal. 94-104.

Zaiyar, M. (2020). Pengaruh Metode Improve Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 4 (1), 7-13.

Article Metrics
Abstract views: 165
PDF downloads: 304
Published
2023-05-12
How to Cite
Junaidi, & Taufiq. (2023). MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REFLEKTIF MATEMATIS SISWA SMA . Numeracy, 10(1), 41-51. https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i1.2137
Section
Articles