PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK SMP/MTs
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam mempelajari matematika, tidak hanya sebagai tujuan dalam pembelajaran, tetapi juga sebagai bekal untuk menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan ini masih tergolong rendah di kalangan peserta didik. Salah satu pendekatan yang diyakini mampu meningkatkan kemampuan tersebut adalah model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui model problem based learning dan untuk mengkategorikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang dibelajarkan melalui model problem based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental, jenis One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh, dengan sampel kelas VII-8 yang dipilih secara acak melalui teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar soal pre-test dan post-Test. Data yang terkumpulkan kemudian di analisis dengan menggunakan Uji T (Uji Independent Samples Test) Dan dengan perhitungan skor N-gain. Data yang diperoleh dari 31 responden dianalisis menggunakan Uji-t (Independent Samples Test) dan dihitung skor N-gain untuk menilai peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hasil penelitian terhadap 31 responden menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis setelah penerapan model PBL dan peningkatan tersebut berada pada kategori sedang. Nilai signifikansi < 0,05 dari uji hipotesis menunjukkan bahwa peningkatan tersebut signifikan. Berdasarkan perhitungan skor N-gain, peningkatan kemampuan peserta didik berada pada kategori sedang. Dengan demikian, model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, meskipun peningkatannya masih berada dalam kategori sedang menurut hasil perhitungan skor N-gain.
Abstract
Problem-solving ability is essential in learning mathematics, not only as a learning objective but also as a vital skill for addressing real-life problems. However, field observations indicate that students' mathematical problem-solving abilities remain relatively low. One approach believed to enhance this ability is the Problem-Based Learning (PBL) model. This study aims to examine the improvement of problem-solving ability through the PBL model and to categorize the level of improvement achieved. The research employed a quantitative approach using a pre-experimental design with a One Group Pretest-Posttest Design. The population consisted of seventh-grade students at SMP Negeri 2 Banda Aceh, with a randomly selected sample of class VII-8 using random sampling techniques. The data collection instrument consisted of pre-test and post-test problem-solving questions. The collected data were analyzed using the Independent Samples T-Test and N-gain score calculation. Data obtained from 31 respondents showed an improvement in mathematical problem-solving ability after implementing the PBL model, with the improvement falling into the moderate category. The hypothesis test yielded a significance value of < 0.05, indicating a statistically significant improvement. Based on the N-gain score analysis, the improvement was categorized as moderate. Therefore, the PBL model is proven to be effective in enhancing students' mathematical problem-solving abilities, although the level of improvement remains within the moderate category according to the N-gain results.
References
Abror, A. M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 569–580. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1257
Agustin, E. M., Solfitri, T., & Anggraini, R. D. (2024). Problem Based Learning: Solusi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mathema Journal E-Issn, 6(1), 235–244.
Ahmad, S., & Dewi, N. (2024). Pengaruh Efikasi Diri dan Adversity Quotient terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(3), 134–143. https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i3.1239
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
Andres Dharma Nurhalim., S.E., M. . (n.d.)(2021). Statistik Dasar dan Praktik Statistik dengan menggunakan SPSS (pertama). Madza Media.
Anggreaena, Ginanto, Felicia, Andiarti, Herutami, Alhapip, Iswoyo, hartini, M. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 123.
Astiana, Y., Wardana, M. Y. S., & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 54–59. https://doi.org/10.30653/003.202171.143
Aswina, Ismail, Y., Katili, N., & Majid. (2023). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(2), 501–507. https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15916
Chrsitianti Ginting, A., Siagian, P., & Surya, E. (2023). Development of Learning Materials through CTL with Karo Culture Context to Improve Students’ Problem Solving Ability and Self-Efficacy. 26–31. https://doi.org/10.4108/eai.1-11-2022.2326212
Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 227–236. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.192
Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. 5. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471
Hanifah, N., Ramadhan, M. G., & Riswari, L. A. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kpk Dan Fpb. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 23–32. https://doi.org/10.24929/alpen.v8i1.253
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Kemendikbudristek. (2023). Literasi Membaca, Peringkat Indonesia di PISA 2022. Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–25.
Lestari Eka, K., & Yudhanegara Ridwan, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. In Refika Aditama Bandung (p. 359).
Lubis, A. N. M. T., Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2021). The ability to solve mathematical problems through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012050
Lubis, F. A., Azizah, N., Ardiani, V., & Zahari, C. L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Self Directed Learning. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 411–419. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.2974
Maulyda, M. A. (2020). i (Issue January).
Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1076. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3069
PROF. DR. SUDJANA, M.A., M. S. (n.d.)(2005). metode statistika .pdf. TARSITO.
Prof.Dr. Sugiyono Dr. Puji Lestari, M.Si. (2021). In ALFABETA "Metode Penelitian Komunikasi"
Ragita dwi jayanti, nila kesumawati, ismi yuliana. (2024). 済無No Title No Title No Title. 7(1), 85–94.
Roulina Nainggolan, & E Elvis Napitupulu. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas VIII SMP GKPI Padang Bulan. Journal of Student Research, 2(1), 239–250. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i1.2082
Wulandari, R. (2021). International Conference of Economics Education and Entrepreneurship (ICEEE 2020) SHEs: Conference Series 4 (3) (2021) 8-16 Characteristics and Learning Models of the 21 st Century. International Conference of Economics Education and Entrepreneurship (ICEEE 2020), 4(Iceee 2020), 8–16. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Yulis Jamiah, & Pasaribu, R. L. (2023). Penguatan Kemampuan Problem Solving Mahasiswa Melalui Model Reaps. Numeracy, 10(2), 52–64. https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i2.2217

