IDENTIFIKASI POPULASI MAKROZOOBENTOS DI KAWASAN EKOSISTEM MANGROVE DESA LADONG ACEH BESAR

  • Lili Kasmini STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Mangrove, Makrozoobentos, Malacostraca, Gastropoda

Abstract

Desa Ladong memiliki keanekaragaman mangrove yang masih tinggi yang berpotensi untuk tetap dilestarikan, mengingat fungsi mangrove sangat penting bagi kehidupan biota yang berasosiasi di kawasan mangrove serta sebagai pendukung dalam kegiatan tambak masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peranan dari keanekaragaman jenis Mangrove terhadap kelangsungan hidup Makrozoobentos ekosistem tersebut dengan melihat kondisi lingkungan serta hubungan antara Mangrove dan makrozoobentos. Pengambilan data dilakukan pada September 2013 dengan metode transect line plots (English at al., 1994). Sampel diambil menggunakan pipa paralon berdiameter 11 cm kemudian di identifikasikan di Laboratorium Terpadu Fakultas Kelautan Perikanan. Dari hasil penelitian, ditemukan tiga kelas makrozoobentos yaitu : Malacostraca dan Gastropoda, yang terdiri dari 6 spesies Makrozoobentos. Kelas Gastropoda memiliki persentasi tertinggi, mencapai 72,28%. Untuk jenis Mangrove, ditemukan 7 spesies yaitu Lumnitzera littorea, Aegiceras floridum, Bruguiera cylindrica, Rhizopora apiculata, Avicenia alba, Soneratia alba dan Lumnitzera racemosa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bengen, D. G. 2000. Teknik pengambilan contoh dan analisis data biologi-fisika sumberdaya pesisir. PKSPL-IPB. Jakarta.

English, S., C. Wilkinson, dan V. Baker. 1994. Survey manual for tropical marine resources. Australia Institute of Marine Science. Townsville. Australia.

Hutagalung, H. P. 1991. Pencemaran laut oleh logam berat. Oseana 5. P3O-LIPI. Jakarta.

Krebs, C. J. 1989. Ecological methodology. Harper Collins Publishers, Inc. New York, NY.

Nybakken, J.W. 1982. Marine Biology : An Ecological Approach. Terjemahan Dr. M. Eidman. Gramedia Jakarta.

Noor, Y. R., M. Khazali dan I. N. N. Suryadiputra. 1999. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Wetlands International Indonesia Program. Bogor.

Suwignyo, S., B. Widigdo, Y. Wardiatno dan M. Krisanti. 1998. Avertebrata air. Jilid 2. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. IPB. Bogor.

Yulianda, F. 2000. Keterkaitan komunitas moluska (Gastropoda dan Bivalvia) pada ekosistem mangrove di kawasan pantai Ulee-Lheue, Banda Aceh, NAD. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. IPB. Bogor.

Article Metrics
Abstract views: 300
PDF downloads: 545
Published
2014-06-30
How to Cite
Lili Kasmini. (2014). IDENTIFIKASI POPULASI MAKROZOOBENTOS DI KAWASAN EKOSISTEM MANGROVE DESA LADONG ACEH BESAR. Visipena, 5(1), 47-56. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.223
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)