STIMULASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI METODE KINDEGARTEN WATCHING SIAGA BENCANA GEMPABUMI DI PAUD TERPADU PERMATA HATI BANDA ACEH

  • Lina Amelia STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Stimulasi Kecerdasan Visual Spasial, Kecerdasan Kinestetik, Metode Kindergarten Watching

Abstract

Model Stimulasi Kecerdasan Visual Spasial Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Kindergarten Watching Siaga Bencana Gempa Bumi Di Paud Terpadu Permata Hati Banda Aceh Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) Pelaksanaan metode Kindergarten watching Siaga Bencana Gempa Bumi dapat diterapkan oleh pendidik anak usia dini di Paud Terpadu Permata Hati Banda Aceh, (b) Metode Kindergarten watching Siaga Bencana Gempa Bumi mampu memberikan pengaruh terhadap kecerdasan Visual Spasial dan kinestetik anak di Paud Terpadu Permata Hati Banda Aceh. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ( Research and development/ R & D) 4-D ( define, design, develop dan disseminate). Penelitian ini diadakan di Paud Terpadu Permata Hati Banda Aceh dengan populasi dan sampel penelitiannya adalah TK B sejumlah 28 orang anak. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan lebih yaitu dimulai dengan survey awal ke sekolah dan diskusi instrument dengan guru dan uji coba instrument di bulan maret 2015, penelitiannya di bulan mei sampai dengan September 2015. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar test informal untuk anak, lembar observasi kemampuan visual spasial anak, lembar observasi guru dan lembar kesan guru.teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan rumus statistic sampel tunggal. Berdasarkan dari hasil perhitungan dari uji statistik Anova diperoleh nilai R square = 0,620, dan 0,622, yang berarti keterampilan berpengaruh terhadap kecerdasan visual spasial sebesar 62,2% dan keterampilan berpengaruh terhadap kecerdasan kinestetik sebesar 62%. Keterlaksanaaan penelitiannnya, awalnya pendidik terlihat agak canggung dengan metode yang akan dilaksananakan, setelah dilakukan pengarahan teknis pelaksanaanya dan pengenalan intrumen yang akan di pakai, untuk tahap pertama masih ada kendala dalam urutan kegiatan sehingga peneliti sering terlibat langsung bersama pendidik . Pelaksanaan tahap 2 , pendidik sudah mulai mandiri untuk melaksanakan kegiatan. Dapat disimpulkan pengaruh Stimulasi Kecerdasan Visual Spasial Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Kindergarten Watching Siaga Bencana Gempa Bumi Di Paud Terpadu Permata Hati Banda Aceh masih tergolong kecil, karena ini pertama kali ujicoba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong, T 1999. 7 Kinds Of Smart: Identifying and Developing Your Multiple Intelligences. Penguin Putnam Inc. Edisi Indonesia. Alih Bahas T. Hemaya, 2002. 7

Kinds Of Smart: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia.

Gardner, H. 1993. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: Basic Books. Edisi Indonesia. Alih Bahasa Sindora, A.

MPBI (2008), “Kerangka Aksi Hyogo: Pengurangan Risiko Bencana 2005-2015, Membangun Ketahanan Bangsa dan Komunitas Terhadap Bencana”

S. Rahman, Hibana. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Suparno, P. 2000. Teori Inteligensi Ganda Dalam Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah. Dalam Atmadi, A., Setiyaningsih, y. Transformasi Pendidikan Memasuki Milenium Ketiga. Yogyakarta: Kanisius.

UU No. 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Arumas Jaya

Article Metrics
Abstract views: 832
PDF downloads: 764
Published
2015-12-31
How to Cite
Lina Amelia. (2015). STIMULASI KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI METODE KINDEGARTEN WATCHING SIAGA BENCANA GEMPABUMI DI PAUD TERPADU PERMATA HATI BANDA ACEH. Visipena, 6(2), 26-39. https://doi.org/10.46244/visipena.v6i2.363
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>