PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SISWA KELAS VIII MTsS DURIAN KAWAN ACEH SELATAN

  • Ahmad Nasriadi STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Penerapan Pembelajaran Kontekstual, Teorema Pythagoras, Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Abstract

Untuk menarik minat siswa dalam belajar matematika diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan karakteristik materi yang diajarkan. Pembelajaran yang menarik minat siswa dapat menimbulkan motivasi siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan pembelajaran kontekstual, pendekatan ini merupakan suatu konsep belajar yang mampu membantu guru mengaitkan hubungan antara pengetahuan atau konsep yang telah dimiliki oleh siswa serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi teorema Pythagoras. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi teorema Pythagoras di MTsS Durian Kawan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen pura-pura. Sampel Penelitian ini adalah semua siswa Kelas VIII MTsS Durian Kawan. Instrumen yang digunakan berupa tes serta observasi guru dan observasi siswa sebagai alat pendukung keakuratan penelitian. Selanjutnya, hipotesis penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 25 point pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII MTsS Durian Kawan. Pengujian hipotesis menggunakan statistik uji-t, pihak kiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 8,25 > 1,71 yang berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 25 point pada materi teorema Pythagoras.

References

Agustina dwi Saputri, “Penerapan Pembelajaran Matematika Kontekstual pada Materi Teorema Phytagoras untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Mts Al Asror Semarang”,(online), diakses dari http://digilib.unnes.ac.id

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Jakarta: Reneka Cipta, 2006.

Basarul Mukmin, Abd., Pendekatan Contextual Learning dalam Pembelajaran Pemurnian Air pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia, Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry, 2008.

Lasmi, Outline Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika, Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah, 2008.

Martinis Yamin dan Bansu I Ansari, Taktik Mengenbangkan Kemampuan Individual Siswa, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.

Masykur, Moch., dan Abdullah Halim Fattani, Matematical Intelegensi, Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar, Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Muhammad Faisal, et.al., Panduan Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry, Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry, 2009.

Mukhlis, Pembelajaran Matematika Realistik untuk Materi Pokok Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri Pailangga. Tesis Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2005.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2007.

Nurhidayati, Penerapan Pendekatan Problem Posing pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras, Banda aceh: Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry, 2007.

Poerwadarminta,W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Rahmah Johar, et. al.., Bahan Ajar Starategi Belajar Mengajar, Banda Aceh: Fakultas dan Ilmu Pendidikan UNSYIAH, 2006.

Syamsul Junaidi dan Eko Siswono, Matematika SMP untuk Kelas VIII, Jakarta: Esis, 2004.

Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 1998.

Wahyudin Djumanta, Mari Memahami Konsep Matematika untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, Bandung: Grafindo Media Pratama, 2005.
Article Metrics
Abstract views: 427
pdf downloads: 236
Published
2015-04-30
How to Cite
Nasriadi, A. (2015). PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK SISWA KELAS VIII MTsS DURIAN KAWAN ACEH SELATAN. Numeracy, 2(1), 61-69. https://doi.org/10.46244/numeracy.v2i1.160
Section
Articles