PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE LEARNING DI KELAS X MAN RUKOH

  • Ahmad Nasriadi STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Intan Kemala Sari STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Eka Saputri STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Hasil Belajar, Active Learning, Konvensional

Abstract

Selama ini pembelajaran matematika cenderung berlangsung satu arah, banyak siswa yang merasa kesulitan dalam memecahkan masalah matematika khususnya pada materi statistika. Siswa cenderung malas dan kurang bersemangat ketika dihadapkan pada masalah-masalah matematika sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada materi statistika dengan menggunakan metode active learning lebih baik dari metode konvensional dikelas X MAN Rukoh. Adapun yang menjadi populasi penelitian adalah siswa MAN Rukoh dengan Sampel yang diambil adalah kelas X-IIS-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IIS-3 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian ini menggunakan Randomized Subject, Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang diberikan kepada kedua kelas yang diuji, data tersebut diolah dengan menggunakan analisis statistik uji-t. Berdasarkan rumus uji t dengan taraf siknifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan 49 dari tabel distribusi t diperoleh t(tabel) : t0,95(49)= 1,69, Dan thitung= 2,44. sehingga thitung > t(tabel) yaitu 2,44  > 1,67,  dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode active learning lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional pada materi statistika di kelas X MAN Rukoh Kota Banda Aceh. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru agar dapat di aplikasikan dalam proses belajar mengajar matematika di kelas.

References

Djamarah, Syaiful Bahri, Aswan Zein. 1996. Metode Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Freire, Paulo. 1999. Menggugat Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hudojo. 1998. Metode Belajar Mengajar. Malang: IKIP Malang.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Isjoni dan Mohd. Arif. 2008. Model-Model Pembelajaran Mutakhir (Perpaduan Indonesia-Malaysia). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Malang: Grasindo.

Sudjana, Nana. 2002. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suprijono, Agus. 2012. Metode dan Model- Model Mengajar. Bandung: Alfabeta

Suprihatiningrum, Jamil. 2013 Metode Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kislam,Syamsul. 1999. Program Perencanaan Pengajaran Matematika. Malang:IKIP

Yamin, Martinis. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Press

Zaini, Hisyam. 2008. Metode Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Article Metrics
Abstract views: 117
pdf downloads: 165
Published
2017-04-30
How to Cite
Nasriadi, A., Sari, I. K., & Saputri, E. (2017). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVE LEARNING DI KELAS X MAN RUKOH. Numeracy, 4(1), 26-36. https://doi.org/10.46244/numeracy.v4i1.247
Section
Articles