PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SEDERHANA

  • Intan Kemala Sari STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Perangkat Pembelajaran Matematika, Penalaran, Geometri Bangun Ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif, serta dapat meningkatkan penalaran geometri ruang bagi siswa SD kelas IV. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, Lembar Aktivitas Siswa, dan media pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar. Pengembangan perangkat pembelajaran tersebut mengikuti prosedur pengembangan produk dari Plomp yang meliputi lima tahap yaitu: (1) investigasi awal; (2) desain; (3) realisasi/konstruksi; (4) tes, evaluasi, dan revisi; dan (5) implementasi. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas, serta dapat mengembangan penalaran siswa. Uji coba lapangan menunjukkan bahwa penalaran siswa pada konsep keruangan telah memenuhi kriteria baik dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat aktif. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran dapat dikatakan valid, praktis, dan efektif, serta dapat meningkatkan penalaran. Selain itu, perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran lainnya sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran.

References

Ardana, I. M. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Bewawasan Konstruktivis Berorientasi Gaya Kognitif dan Budaya Siswa. Disertasi (tidak diterbitkan). Surabaya: UNESA

Arends, Richard. 2008. Learning to Teach. 7th Edition. McGraw Hill. New York

Budiman, Hedi. 2011. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Berbasis Masalah Berbantuan Software Cabri 3D. http://www.pdf-archive.com/2011/12/05/42-hedi-budiman/42-hedi-budiman.pdf diakses tanggal 15 April 2012

Crowley, Mary L. 1987. The van Hiele Model of the Development of Geometric Thought. Mary Montgomery Lindquist (Ed). The van Hiele Model of the Development of Geometric Thought in Learning and Teaching Geometry. Reston, Va.: National Council of Teachers of Mathematics. K-12 pp 1-6 http://www.csmate.colostate.edu/docs/math/mathactivities/june2007/The%20van%20Hiele%20Model%20of%20the%20Development%20of%20Geometric%20Thought.pdf diakses tanggal 25 Januari 2012

Depdinas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kerangka Dasar. Jakarta: Pusat Kurikulum

Fauzan, Ahmad. 2002. Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometry in Indonesian Primary School. http://doc.utwente.nl/58707/1/thesis_Fauzan.pdf diakses tanggal 25 Januari 2012

Gravemeijer, Koeno. 1994. Developing Realistic Mathematics. Utrecht: CD – β Utrecht University. Netherland
Gravemeijer, Koeno. 1996. Instruction Design for Reform in Mathematics Education. M. Beishuizen, K. P. E. Gravemeijer, & E. C. D. M. van Lieshout (Eds). The Role of Contexts and Models in The Development of Mathematical Strategies and Procedures. Netherlands: Freudenthal Institute

Jones, Keith. Taro Fujita & Liping Ding. 2006. Informing The Pedagogy For Geometry: Learning From Teaching Approaches in China and Japan. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics. http://www.bsrlm.org.uk/IPs/ip26-2/BSRLM-IP-26-2-19.pdf diakses tanggal 25 Januari 2012

Kennedy, L. M. Tipps Steve, Art Johnson. 2008. Guiding Children’s Learning of Mathematics. California: Wadsworth Publishing Company; http://www.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=mrFYTHOjHjYC&oi=fnd&pg=PR7&dq=Kennedy,+L.+M.+Tipps+Steve.+1994.+Guiding+Children%E2%80%99s+Learning+of+Mathematics&ots=OGa4TGFNJE&sig=T2krYrmQqyhJVZ6y9CfKCCjVdR4&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false diakses tanggal 31 Januari 2012
Nur, Muhammad. 2005. Pembelajaran Langsung. Surabaya University Press. Surabaya

Puskur-Balitbang Depdiknas. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas

Reedal, Kristin E. 2010. Jean Piaget’s Cognitive Development Theory in Mathematics Education. Journal of Senior Seminar: Cognitive Development and the Learning of Mathematics 2010, pp. 16-20 http://www.ripon.edu/academics/macs/summation/2010/articles/K.%20Reedal%20-%20Piaget%20Theory.pdf diakses tanggal 28 januari 2012

Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. (Edisi Revisi). Bandung: Tarsito.

Semana, Silvia. 2009. Written Report in Laerning Geometry: Explanation and Argumentation. Proceedings of CERME 6, January 28th-February 1st 2009, France http://ife.ens-lyon.fr/publications/edition-electronique/cerme6/wg5-10-semana-santos.pdf diakses tanggal 25 Januari 2012

Treffers, A. 1991. Didactical Background of a Mathematics Program for Primary education. L. Streefland (Ed). Realistics Mathematics Education in Primary School on The Occasion of The Opening of The Freudenthal Institute. Utrecht: CD – β Utrecht University. Netherland

Widjaja, Wanti. Dolk, Marteen. Fauzan, Ahmad. 2010. The Role of Contexts and Teacher’s Questioning to Enhance Students’ Thinking. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia 2010, Vol. 33 No. 2, 168-186. http://www.recsam.edu.my/R&D_Journals/year2010/dec2010vol2/wanty(168-186).pdf diakses tanggal 25 Januari 2012

---------. 1989-2004. Educational Standard Of Curriculum NCTM. http://www.usi.edu/science/math/sallyk/Standards/Previous/CurrEvStds/k4s6.htm Diakses tanggal 2 Desember 2011
Article Metrics
Abstract views: 96
pdf downloads: 149
Published
2014-04-30
How to Cite
Sari, I. K. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SEDERHANA. Numeracy, 1(1), 12-23. https://doi.org/10.46244/numeracy.v1i1.86
Section
Articles