KORELASI AKTIFITAS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PETA KONSEP DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH

  • Tantawi STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Intan Kemala Sari STKIP Bina Bangsa Getsempena

Abstract

Penelitian ini berjudul “Korelasi Metode Kooperatif Peta Konsep Dengan Hasil Belajar Siswa di SMA Inshafuddin”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi aktifitas siswa dengan hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif siswa di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Penentuan sampel dilakukan secara acak dengan teknik pengundian (Cluster Random Sampling). Metode yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Pengolahan data dilakukan teknik korelasi product moment. Berdasarkan perhitungan didapat koefisien korelasi r = 0,42, ini menunjukkan korelasi positif antara metode kooperatif peta konsep dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan  diperoleh harga dan , bissa disimpulkan bahwa , ini berarti terdapat korelasi model pembelajaran kooperatif peta konsep terhadap hasil belajar siswa.

References

Anita Lie. 2004. Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperative Learning Diruang Ruang Kelas). Gramedia Widiasarana. Jakarta.

Anneahira [Online],[ Diakses 28 Mei 2014], Diperoleh Dari World Wide Web: Http://Www.Anneahira.Com/Prestasi-Belajar-5944.Htm.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Statistik. Jakarta: Pt Rineka Cipta.

Basuki, Teguh. 2000. Pembelajaran Matematika Disertai Penyusunan Peta Konsep. Tesis Upl

Margono, S.2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Novak And Gowin. 1985. Learning How To Learn. Cambridge University Press

Rohana, Dkk. 2009. Jurnal Pendidikan Matematika; Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Statistika Dasar Di Program Studi Pendidikan Matematika Fkip Universitas Pgri Palembang. (Di Peroleh Dari Web: Http://Eprints.Unsri.Ac.Id/825/1/8_Rohana_92-102.Pdf)
Slavin, Re. 1995. Cooperative Learning Second Edition. Massachusett: Allyn And Bacon Publisher.

Sudijono, Anas. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Pt Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudjana 2005. Metoda Statistik. Tarsito, Bandung.

.......... 2009. Metoda Statistik. Tarsito, Bandung.

Sudjana, Nana Dan Ahmad Rivai. 2008. Media Pengajaran. Bandung. Cv Sinar Baru Bandung.

Suyitno, Amin. 1997. Dasar-Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: Unnes
Article Metrics
Abstract views: 79
pdf downloads: 73
Published
2015-04-30
How to Cite
Tantawi, & Sari, I. K. (2015). KORELASI AKTIFITAS SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PETA KONSEP DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH. Numeracy, 2(1), 13-20. https://doi.org/10.46244/numeracy.v2i1.144
Section
Articles