HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MENELITI DAN PEMBUATAN SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

  • Rully Charitas Indra Prahmana STKIP Surya
Keywords: Keterampilan Meneliti, Hasil Pembuatan Skripsi, Correlational Research

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan meneliti terhadap hasil pembuatan skripsi mahasiswa program studi pendidikan matematika. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara keterampilan meneliti terhadap hasil pembuatan skripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survai dalam bentuk korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2010 progam studi pendidikan matematika STKIP Surya, Tangerang, dengan sample penelitiannya adalah seluruh mahasiswa angkatan 2010 program studi pendidikan matematika STKIP Surya yang telah menyelesaikan sidang skripsi. Data yang dikumpulkan menggunakan angket yang terdiri dari 25 butir pertanyaan dengan tingkat reliabilitas yang tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara keterampilan meneliti terhadap hasil pembuatan skripsi, yang berarti semakin tinggi keterampilan mahasiswaa dalam melakukan penelitian, maka hasil pembuatan skripsi mahasiswa juga semakin tinggi.

References

Bangun, P.B.J., Irmeilyana, & Andarini, I. (2011). Analisis Korespondensi untuk Mengetahui Hubungan Lama Studi dengan IPK dan Lama Skripsi Alumni Matematika FMIPA UNSRI Angkatan 2001-2002. Jurnal Penelitian Sains, 14 (1(A)), hlm. 13-18.

Fathonah, S., Wahyuningsih, S.E., & Wahyuningsih, U. (2011). Determinan Masa Penulisan Skripsi Mahasiswa Prodi PKK. Jurnal Kompetensi Teknik, 2 (2), hlm. 127-136.

Firmansyah, R. (2014). Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Studi dan Solusinya Perspektif Bimbingan dan Konseling Islami. (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Indriati, E. (2001). Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Majelis Profesor Riset Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. (2007). Kode Etika Peneliti. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Prahmana, R.C.I. (2014). Faktor Penyebab Kesulitan Mahasiswa dalam Penulisan Proposal Skripsi. Makalah STKIP Surya. Tidak dipublikasikan. Tangerang: STKIP Surya.

Prahmana, R.C.I. (In Press). Penelitian Pendidikan Matematika; Pembelajaran Berbasis Riset. Yogyakarta: CV. Graha Ilmu (Matematika).

Prahmana, R.C.I., (2015). The Hypothetical Learning Trajectory on Research in Mathematics Education using Research-Based Learning. Makalah yang akan dipresentasikan dalam kegiatan The Third South East Asia Design/Development Research (SEA-DR3) 2015. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Purnami, W.I.D. (2008). Masihkah TA Mendominasi Masa Studi Mahasiswa? Syarat Tamat Jurusan Matematika Universitas Negeri Sebelas Maret.

Santosa, A.B., Wiyanarti, M., & Darmawan, W. (2009). Peran Team Pertimbangan Penulisan Skripsi: Benarkah Sudah Optimal? Jurnal Penelitian, 10 (2), hlm. 1-7.

Webb, F., Smith, C., & Worsfold, K. (2011). Research Skills Toolkit. Queensland: Griffith Institute for Higher Education.

Willison, J. & O’Regan, K. (2007). Commonly Known, Commonly Not Known, Totally Unknown: A Framework for Students Becoming Researchers. The Higher Education Research and Development, 26 (4), hlm. 393-409.
Article Metrics
Abstract views: 1808
pdf downloads: 1519
Published
2015-10-31
How to Cite
Prahmana, R. C. I. (2015). HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MENELITI DAN PEMBUATAN SKRIPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Numeracy, 2(2), 55-62. https://doi.org/10.46244/numeracy.v2i2.168
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)