ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LIMAS KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH

  • Rimilda STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Komunikasi Matematika, Problem Solving, Limas

Abstract

Matematika tidak hanya sekedar alat bantu berpikir, alat untuk menemukan pola, menyelesaikan masalah atau mengambil kesimpulan, tetapi matematika juga sebagai suatu alat yang berharga untuk mengkomunikasikan berbagai ide secara jelas, tepat, dan cermat. Selain itu, materi matematika juga mengandung aspek komunikasi yang digunakan untuk dapat menyelesaikan soal pemecahan masalah yang diberikan. Komunikasi matematika dapat diartikan sebagai suatu kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahuinya melalui peristiwa dialog, saling hubungan yang terjadi di lingkungan kelas atau terjadi pada tempat pengalihan pesan. Sedangkan problem solving dalam matematika adalah proses seorang siswa atau kelompok siswa (cooperative group) menerima tantangan yang berhubungan dengan persoalan matematika yang penyelesaian dan caranya tidak langsung bisa ditentukan dengan mudah. Adapun tujuan penulisan makalah ini yaitu untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal pada materi limas kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan yaitu melalui pendekatan problem solving. Berdasarkan hasil uji coba melalui pendekatan problem solving pada materi limas di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal memperoleh skor rata-rata 71,3. Dari hasil tersebut mengungkapkan bahwa pemberian soal melalui pembelajaran dengan pendekatan problem solving dapat diterapkan khususnya pada materi limas.

References

Ansari, Bansu. (2009). Komunikasi Matematika, Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh Divisi Penerbitan

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Departemen Pendidikan Nasional

Goetz, Jane. (2004). Top Ten Thoughts about Communication in Mathematics. Http://www.kent.k12.wa.us/ksd/15/communication_in_math.htm.

Http://Id.Wikipedia.Org/W/Index.Php?Title=Daftar_Definisi_Komunikasi&Action=Edit&Section= 6 Bernard Berelson dan Bary A,Stener

Http://Id.Wikipedia.Org/W/Index.Php?Title=Daftar_Definisi_Komunikasi&Action=Edit&Section=2, Gerald R Miller

Margono, S. (2003). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E., 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Rosda Karya

NCTM. (1989). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM Peraturan Menteri Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan

Shadiq, Fajar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi Materi Diklat Instruktur/Pengembangan Matematika SMA Jenjang Dasar, Yogyakarta: PPPG Matematika Yogyakarta

Wardani, Sri. (2005). Pembelajaran dan Aspek Pemahaman Konsep, Penalaran, Komunikasi, dan Pemecahan Masalah Materi Pembinaan Matematika SMP. Yogyakarta: PPPG Matematika
Article Metrics
Abstract views: 167
pdf downloads: 134
Published
2015-10-31
How to Cite
Rimilda. (2015). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI LIMAS KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH. Numeracy, 2(2), 63-71. https://doi.org/10.46244/numeracy.v2i2.171
Section
Articles