PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH

  • Rimilda STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Utilization, Learning Technology

Abstract

The development of Information and Communication Technology (ICT) or Information and Communication Technology (ICT) in the last few decades has been running very fast. Today's technology has become an important tool in learning mathematics. The formulation of the problem in this research is how the use of learning technology by students of Mathematics Education Department STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh? The approach in this research uses qualitative approach and descriptive research type. Intake of research subjects using purposive technique. Subjects in this study are students of Mathematics Education Department STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh who sits in semester 6 amounted to five students who are taking media and mathematics learning technology courses .The conclusion of this research that is 1) Utilization of mathematics learning technology by students of mathematics education department STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh has been done with the maximum. This is because the availability of technology facilities on campus is adequate. 2) Research subjects using learning technology in the form of laptop, infokus, and computer. Laptops and computers have been installed with supporting applications such as software that can be used in learning mathematics. The software used is Just basic and Mathlab.

 

Abstrak

Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam beberapa dekade terakhir berjalan sangat cepat. Teknologi saat ini telah menjadi alat penting dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan teknologi pembelajaran oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan subyek penelitian menggunakan teknik purposif. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh yang duduk di semester 6 berjumlah lima orang mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah media dan teknologi pembelajaran matematika.. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Pemanfaatan teknologi pembelajaran matematika oleh mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh sudah dilakukan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan ketersediaan fasilitas teknologi di kampus sudah memadai. 2) Subyek penelitian menggunakan teknologi pembelajaran berupa laptop, infokus, dan  komputer. Laptop dan komputer sudah di instal dengan aplikasi penunjang seperti Software yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Software yang digunakan yaitu Just basic dan  Mathlab.

Kata kunci: Pemanfaatan, Teknologi Pembelajaran

References

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Creswell, John W. (2010). Research Design. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:Depdiknas.

Fathurrohman, pupuh dan Sobry Sutikno. (2007). Strategi Belajar Mengajar melalui Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Miarso, Yusufhadi. (2005). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Mishra, P. dan Koehler, M. J., (2008). Introducing TPACK. AACTE Committee on Innovation and Technology (Ed.), The Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators (pp. 3–29).

NCTM .(2006). The Role of Technology in the Teaching and Learning of Mathematics.

Russeffendi, E.T. (1998). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.

Stols, Gerrit. (2008). Teaching and Learning of Mathematics Using Technology: Opportunities and Issues. Diakses pada tanggal 5 April 2014, dari http://school-maths.com.

Suhartono, S. (2008). Filsafat Ilmu Pengetahuan Persoalan Eksistensi dan Hakikat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Arruz Media.

Smaldino, Sharon E., Lowther, Deborah L., dan Russell, James D. (2011). Instructional Technology & Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Prenada Media Grup.

Suherman, H. Erman, dkk. (2012). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suyitno, Amin. (2004). Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang:FMIPA UNNES.

Strauss, Anselm dan Juliet Corbin. (2007). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudijono, Anas. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Usman, M. Uzer. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Article Metrics
Abstract views: 46
pdf downloads: 450
Published
2017-10-31
How to Cite
Rimilda. (2017). PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH. Numeracy, 4(2), 109-118. https://doi.org/10.46244/numeracy.v4i2.276
Section
Articles