EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA RUMAH LIMAS DI DESA ANYAR, SUMATERA SELATAN
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi etnomatematika pada rumah tradisional Limas di Desa Anyar, Provinsi Sumatera Selatan. Etnomatematika mengacu pada penerapan konsep matematika dalam budaya lokal. Rumah Limas adalah bangunan adat yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, tetapi juga memiliki peran sosial dan budaya penting bagi masyarakat Palembang. Bentuk arsitektur dan ornamen rumah ini mengandung berbagai konsep matematika, seperti geometri, aljabar, dan trigonometri. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif dengan pendekatan etnografi untuk mendeskripsikan dan menganalisis unsur-unsur matematika dalam konstruksi Rumah Limas. Analisis taksonomi digunakan untuk mengkategorikan simbol-simbol budaya yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat secara intuitif menerapkan konsep matematika dalam pembangunan Rumah Limas, termasuk dalam perhitungan proporsi, skala, dan sudut kemiringan atap. Temuan ini menunjukkan bahwa Rumah Limas tidak hanya merupakan simbol kekayaan budaya lokal, tetapi juga contoh penerapan matematika dalam arsitektur tradisional yang harmonis dan estetis.
Abstract
This research explores ethnomathematics in Limas traditional houses in Anyar Village, South Sumatra Province. Ethnomathematics refers to the application of mathematical concepts in local culture. Limas houses are traditional buildings that not only function as residences, but also have important social and cultural roles for the people of Palembang. The architectural forms and ornaments of this house contain various mathematical concepts, such as geometry, algebra, and trigonometry. This research uses an explorative method with an ethnographic approach to describe and analyze mathematical elements in the construction of Limas Houses. Taxonomic analysis was used to categorize existing cultural symbols. The results showed that the community intuitively applied mathematical concepts in the construction of Rumah Limas, including in the calculation of proportion, scale, and roof slope angle. These findings suggest that Rumah Limas is not only a symbol of local cultural wealth, but also an example of the harmonious and aesthetic application of mathematics in traditional architecture.
References
Afriyanty, M., & Izzati, N. (2019). Eksplorasi etnomatematika pada corak alat mlusik kesenian marawis sebagai sumber belajar matematika. Jurnal Gantang 4(1), 39-48. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1027
Asmendo, F., & Ishar, S.I. (2020). Studi komparasi tipologi arsitektur Rumah Limas di provinsi Lampung dengan Rumah Limas di Sumatera Selatan. Jurnal Arsitektur, 10(2), 95-10. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/70989847/1608-libre.pdf?1633220583=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DStudi_Komparasi_Tipologi_Arsitektur_Ruma.pdf
Cahyani, L., Ariska, R., Sepriliani, S. P., & Erviana, R. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal hots berdasarkan teori newman pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 234-244. https://doi.org/10.33387/dpi.v13i2.8492
D’Ambrosio, U. (2021). Ethnomathematics. Link Between Traditions and Modernity. Rotterdam: Sense Publisher., 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/articel/view/19589
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114-119. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19589
Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81. https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/483
Lisnani. (2022). Studi Etnomatematika: Rumah Limas Di Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Jurnal of Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(2), 351-364. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7585
Luciani, R., & Malihah, E. (2020). Analisis nilai-nilai kearifan lokal Rumah Limas di Sumatelra Selatan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.52483/ijsed.v2i1.16
Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 224–235. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.3183
Muslimahayati, M., & Wardani, A. K. (2019). Implementasi Etnomatematika Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Elemen, 5(2), 108–124. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.957
Nuri Ria Sri Wahyuni, Amaliya, verty nur, Rusliah, N., & Rilla Gina Gunawan. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan bersejarah Bilik Padi dan Jirok Kerinci. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 4(1), 77–88. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/index
Pemda Tingkat II Palembang. Guide Book: Kota Palembang. Palembang: Jajasan Dana Basis Palembang.
Pratama Y. (2019). Rumah Limas: Refleksi Sejarah Akulturasi Kebudayaan Masyarakat Sumatera Selatan. Jurnal Of Jambura History and Culture Journal, 1(1) 26-37. https://doi.org/10.37905/jhcj.v1i1.2529
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11405
Puspita, A., & Sari, L. (2022). Eksplorasi Kajian Etnomatematika Rumah Adat Suku Bangsa Atoni. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 379-383. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54540
Rahmawati, Y., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123-136. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942
Santoso, E., Sukestiyarno, Y. L., Mariani, S., & Isnarto, I. (2022). Persepsi Guru Tentang Etnomatematika (Perspektif Budaya dalam Matematika). In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. 5(1), 354-359). https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1477/978
Sroyer, A. M., Nainggolan, J., & Hutabarat, I. M. (2018). Exploration of ethnomathematics of house and traditional music tools Biak-Papua cultural. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3)., 175–184. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2751
Supiyati, S., Hanum, F., & Jailani. (2019). Ethnomathematics in Sasaknese architecture. Journal on Mathematics Education, 10(1), 47–58. https://doi.org/10.22342/jmle.10.1.5383.47-58
Tondi, M. L., & Iryani, S. Y. (2018). Nilai dan makna kearifan lokal Rumah Tradisional Limas Palembang sebagai kriteria masyarakat Melayu. Langkau Beltang: Jurnal Arsitektur, 5(1), 15- 32. https://doi.org/10.26418/lantang.v5i1.25383
Wahid. S. (2006). Gelar Kebangsawanan Kaitannya dengan Rumah Limas Palembang. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Keludayaan Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Sumatera Selatan. Palembang.
Yuningsih, N., Nursuprianah, I., & Manfaat, B. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Rancang Bangun Rulah Adat Lengkong. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i1.19517
Zamhari, A. ., Al Jundi, I., Hepiani, H. ., Agusutia, D. ., & Nirwana, P. . (2023). Arsitektur Rumah Limas Palembang Sebagai Warisan Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(6), 241-247. https://doi.org/10.52436/1.jpti.296
Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran. Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 2(2), 216–226. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/289

